YuniarSafitri

Yuniar seorang guru SMK mata pelajaran produktif Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian di SMKN 1 Nguling Kabupaten Pasuruan satu daerah pesisir di Pasuruan bagi...

Selengkapnya
Navigasi Web

NIKMATNYA TAHU BRONTAK DAN ES SIRUP SAAT KARANTINA

(#Tantangan GuruSiana Hari ke-26)

Pagi setengah siang hari ini, setelah beraktivitas rutin memasak dan bersih-bersih rumah merupakan saat yang tepat untuk menyegarkan pikiran. Saat harus berdiam di rumah karena pandemi covid-19, membuat pikiran terasa sedikit tertekan, jenuh hampir tiga bulan tak keluar rumah. Apalagi di saat lebaran seperti sekarang. Rasa rindu untuk pulang kampung, dan bertemu saudara mendera.

Seperti kebiasaan saat harus Work From Home, aku ambil laptop memulai aktivitas membuat soal untuk ulangan harian siswa-siswaku. Membuat soal memeras pikiranku sehingga aku sedikit pusing, tiba-tiba di luar rumah ada penjual gorengan menjajakan dagangannya. “Bu,beli ta bu, ada tahu brontak weci dan menjes,” katanya. Langsung laptop kupinggirkan, bergegas ku ambil uang dan piring lalu keluar untuk membeli tahu brontak dan menjes. Pasti enak rasanya setelah satu bulan tak ketemu makanan gorengan tersebut. Tahu brontak adalah tahu yang isinya ada kecambah, mihun dan wortel sedang menjes adalah makanan ringan hasil fermentasi dari ampas tahu yang di goreng dengan tepung terigu.

Akhirnya kubeli tahu brontak dan menjes dengan di beri petis dan cabai rawit. Ehm..lebih pas lagi bila ada minuman es sirup yang ada cincaunya pikirku. Segera aku ke dapur dan membuat minuman es sirup, ku beri cincau kesukaanku. Aroma sirup coco pandan semakin menggugah seleraku. Setelah semuanya siap kulahap tahu brontak dan cawabi rawit. Kepedasan ternyata. Tapi menyegarkan karena kandungan capcaisin yang ada di cabai rawit mempunyai khasiat untuk menghilangkan pusing dan stress.

Untuk menghilangkan rasa pedas, kuminum es sirupnya..terasa segar dan nikmat. Subhanallah- Nikmat mana lagi yang bisa kita dustakan kepada Alloh, bila seperti ini. Setelah satu bulan berpuasa dari makan gorengan dan minum es, puas rasanya bisa menikmati tahu brontak dan es sirup itu. Hingga tak terasa segelas es sirup habis tandas. Pikiran plong dan siap membuat soal lagi.

Bila kita jenuh akan kondisi yang kita hadapi saat ini maka kita harus pintar pula mengalihkan agar tak semakin parah. Salah satunya dengan hal yang sederhana seperti makan gorengan dan minum es sirup. Hal sederhana tapi akan membuat kita menambah rasa bersyukur kita kepada Alloh, karena masih diberikan kenikmatan dengan panca indra yang masih baik. Kita masih diberikan kesehatan walau harus berada di rumah selama hampir tiga bulan. Selalu bersyukur walau episode seperti saat ini kita alami akan membuat kita mampu bertahan.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap

27 May
Balas

Wah segar apalagi dalam suasana panas seperti sekarang...Mantap bu

27 May
Balas

hehe

01 Jun

Wah segar apalagi dalam suasana panas seperti sekarang...Mantap bu

27 May
Balas



search

New Post