Yuni Asdhiani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Berbuka Dengan Yang Manis

Berbuka Dengan Yang Manis

Terdapat beberapa hadis yang menganjurkan untuk berbuka dengan yang manis diantaranya yaitu

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Apabila salah seorang dari kalian berbuka puasa, hendaklah ia berbuka dengan kurma. Jika tidak ada kurma, hendaklah ia berbuka dengan air, karena air itu suci." (HR. Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

Dari Aisyah, ia berkata bahwa Nabi SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah menyukai melihat kesucian dalam segala sesuatu, termasuk dalam makanan kalian. Maka ketika kalian berbuka, berbukalah dengan kurma karena kurma itu suci, atau jika tidak ada, dengan air karena air itu suci." (HR. Ahmad dan Abu Daud). Dari hadis diatas dijelaskan bahwa berbuka dengan yang manis, seperti kurma, dianjurkan dalam Islam. Namun, jika tidak ada kurma, air juga bisa digunakan sebagai alternatifnya.

Menurut ilmu kesehatan, konsumsi makanan atau minuman yang manis saat berbuka puasa sebaiknya dilakukan dengan bijak dan proporsional. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat berbuka dengan yang manis yaitu sebaiknya memilih makanan atau minuman yang manis alami seperti kurma, buah-buahan, atau jus buah alami. Kandungan gula alami dalam makanan atau minuman tersebut lebih sehat dan tidak mengandung bahan tambahan seperti pengawet, pewarna, dan pemanis buatan, namun boleh saja menambah susu atau sirop asal secukupnya. Sebaiknya menghindari minuman berkarbonasi, seperti soda, saat berbuka puasa. Hindari mengonsumsi makanan atau minuman manis pada waktu yang tidak tepat seperti menjelang tidur, karena dapat mengganggu kualitas tidur dan mengakibatkan masalah kesehatan. Dengan memperhatikan hal-hal di atas, konsumsi makanan atau minuman yang manis saat berbuka puasa dapat memberikan manfaat untuk tubuh.

Menu berbuka puasa yang manis terdapat banyak pilihan makanan dan minuman yang bisa dipilih sesuai yang disukai, di antaranya kurma, kurma adalah makanan yang kaya akan nutrisi dan memiliki rasa manis alami yang sempurna untuk berbuka puasa seperti kurma Madinah, Ajwa, atau Deglet Nour. Jika menyukai kolak silahkan, kolak adalah makanan manis yang terbuat dari pisang atau ubi, santan, gula, dan rempah-rempah. Lalu ada es buah yang terdiri dari potongan buah-buahan segar yang dicampur dengan sirup dan es serut. Kemudian ada Jus buah-buahan, atau makan kue-kue seperti Kue-kue seperti kue nastar, kue lapis, atau kue putu adalah makanan manis yang populer untuk berbuka puasa. Ada minuman manis: seperti teh tarik atau sirup bisa menjadi alternatif untuk makanan manis jika ingin mengonsumsi minuman sebelum makan berat.

Itulah beberapa pilihan makanan dan minuman yang manis untuk berbuka puasa. Tetapi harus diingat untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan dan minuman manis. Di Cikarang kabupaten Bekasi termasuk daerah panas, maka makanan/minuman manis yang paling disukai di keluarga adalah es buah/sop buah selain karena segar berisi berbagai buah-buahan yang ditambah susu, sirop juga ditambah es batu yang menambah kesegarannya saat diminum ketika berbuka puasa. Pernah membuat kolak ubi/pisang/labu yang makan hanya ibu dan bapaknya saja, kebetulan anak-anak kurang menyukai kolak. Namun jika membuat es buah dipastikan habis dimakan, jadi hampir setiap hari ketika Ramadan pasti membuat es buah untuk berbuka puasa.

Berbuka puasa dengan es buah di daerah panas dapat menjadi pilihan yang tepat karena es buah bisa memberikan sensasi dingin yang menyegarkan dan melepas dahaga setelah berpuasa seharian lebih enak membuat es buah sendiri di rumah dengan berbagai campuran buah-buahan seperti pepaya, melon, buah naga, timun suri, alpukat dan yang lainnya jika ada, kita bisa membeli bermacam-macam buah-buahan yang bisa digunakan untuk beberapa kali membuat es buah lebih irit dan enak. Namun terkadang mau membeli es buah di tempat es buah maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli es buah yaitu pastikan es buah yang dibuat dengan bahan-bahan yang segar dan diolah dengan cara yang bersih, buah-buahan masih segar, es buah disajikan dengan cara yang higienis, seperti menggunakan alat makan yang bersih dan di tempat yang bersih, jumlah gula dalam es buah tidak terlalu tinggi. Dengan memperhatikan hal-hal di atas, es buah dapat dinikmati saat berbuka puasa di daerah panas. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh selama berpuasa dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang seimbang. Selamat berbuka puasa .

Top of Form

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post