Perbedaan istilah pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran
Ada beberapa istilah dalam pembelajaran yang cukup membingungkan karena dalam penerapannya terkadang dikatakan hal yang sama secara bergantian, contohnya discovery ada yang mengatakan model pembelajaran ada yang mengatakan metode pembelajaran, untuk membedakan dan memperjelas istilah tersebut perlu dibahas secara konseptual agar lebih paham perbedaannya seperti istilah pendekatan, strategi, model, metode dan teknik.
Pendekatan pembelajaran merupakan sudut pandang terhadap proses pembelajaran yang sifatnya masih umum dan filosofis, yang mewadahi, menginspirasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dilihat dari pendekatannya menurut Killen (Anitah dkk, 2017) pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach). Dari pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan selanjutnya diturunkan ke dalam strategi pembelajaran.
Pendekatan pembelajaran yang telah ditentukan lalu diturunkan ke dalam strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran bersifat konseptual dan aplikasinya menggunakan berbagai metode pembelajaran. Strategi merupakan “a plan of operation achieving something”. Strategi pembelajaran merupakan pengorganisasian isi pelajaran, penyampaian pelajaran dan pengelolaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan berbagai sumber belajar agar tercipta proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Strateginya pembelajaran menurut Rowntree ada dua yaitu: (1) expositiondiscovery learning dan (2) group-individual learning (Senjaya, 2008). Berdasarkan cara penyajian dan cara pengolahannya, strategi pembelajaran dapat dibedakan antara strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif.
Metode adalah “a way in achieving something” . Metode pembelajaran adalah seluruh cara/prosedur yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Didalamya terdapat Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Dasar (KD), indikator, tujuan pembelajaran, persiapan pembelajaran, kegiatan pembelajaran mulai dari kegiatan pembuka/awal ,kegiatan inti dan penutupnya,media pembelajaran, sumber pembelajaran, sampai dengan penilaian pembelajaran, contohnya, penggunaan metode ceramah, diskusi, demonstrasi, simulasi, labolatorium, pengalaman lapangan, brainstorming, debat, simponsium, kooperatif (cooperative learning), STAD (Students Teams Achievment Divisions), NHT (Numbers Head Together) .
Metode pembelajaran dapat dijabarkan lagi ke dalam teknik dan taktik pembelajaran, teknik pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. Teknik pembelajaran merupakan cara guru menyampaikan bahan ajar yang telah disusun (dalam metode) berdasarkan pendekatan yang dianut, contohnya teknik Pembelajaran POE (Predict Observe Explaint), teknik pembelajaran ini pertama kali dikembangkan dan diperkenalkan oleh White dan Gunstone sebagai pembelajaran yang efisien untuk menimbulkan ide atau gagasan dan melakukan diskusi dari ide siswa, tujuannya mengungkap kemampuan siswa dalam melakukan predict (prediksi), observe(pengamatan) dan Explaint (penjelasan)(http://eprints.stainkudus.ac.id/225/5/6.%20BAB%20II.pdf).
Taktik pembelajaran adalah gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya personal (Djalal, 2017), contohnya jika ada dua orang sama-sama menggunakan metode ceramah, dalam aplikasi pembelajaran mungkin akan berbeda taktik yang digunakan bisa jadi yang satu diselingi dengan humor, atau yang satu lagi menggunakan IT, gaya pembelajaran yang ditampilkan akan memunculkan keunikan dari masing-masing guru
Istilah terakhir yaitu model Pembelajaran, yaitu suatu desain/kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur pembelajaran yang memungkinkan siswa berinteraksi sehingga terjadi perubahan atau perkembangan pada diri siswa dari awal sampai akhir pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. (Afandi dkk, 2013) (Djalal, 2017). Perbandingan istilah pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik dan model pembelajaran dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Model pembelajaran merupakan bingkai dari penerapan suatu pendekatan, strategi, metode, teknik, dan taktik pembelajaran (Komalasari, 2011).
Model pembelajaran berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran dan guru dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar (Sagala, 2011). Istilah model pembelajaran mempunyai arti yang lebih luas dibandingkan strategi dan metode pembelajaran. Model pembelajaran yang sesuai dengan isi dalam Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 dan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 yaitu model terpusat pada peserta didik, autentik, kontekstual, dan bermakna bagi kehidupan peserta didik sehari-hari. Contohnya discovery learning, project-based learning, problem-based learning, dan inquiry learning (Mutiani, 2020) ;
Mudah-mudahan dari kajian konseptual diatas tentang isitilah-istilah pembelajaran dapat memberikan gambaran kepada kita dari perspektif definisi sehingga dalam aplikasi terhadap RPP yang kita miliki tidak membuat bingung dalam pemilihan mana yang termasuk pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik dan model pembelajaran dan membuat kita bisa menentukan apa yang akan kita pilih dalam pembelajaran, jika sesuai RPP yang copi paste atau sudah di print out tidak masalah, jika belum atau tidak sesuai yang kita mau tentukan silahkan coret atau garis bawahi saja sesuaikan dengan pembelajaran yang real yang akan dita pakai di kelas, selamat mencoba mengaplikasikannya.
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Memang agak mirip ya. Alhamdulillah dengan tulisan ini bisa membedakan. Terima kasih Bun , sangat bermanfaat
Ulasan yang keren Bu. Sukses selalu dan barakallahu fiik
terimakasih bu, salam kenal
sangat membingungkan sekali. terimakasih atas pencerahannya
terimakasih bu fifit salam kenal
terimakasih bu fifit salam kenal
Salam kenal, izin follow bu yuni, Keren sekali tayangannya, mantap, sehat dan sukses selalu bu Yuni
salam kenal bu
salam kenal bu
salam kenal bu
salam kenal bu
Salam kenal, izin follow bu yuni, Keren sekali tayangannya, mantap, sehat dan sukses selalu bu Yuni