Yuni Erawati

Guru MAS PpTq-M Pakan Sinayan Kamang Mudiak, Kec. Kamang Magek...

Selengkapnya
Navigasi Web

Waktu Zikir Pagi Petang

#tantangan menulis har ke 75#

Dalam Al Qur'an surat Qaf ayat 39, Allah SWT berfirman "Bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu sebelum matahari terbit dan sebelum matahari terbenam". Dan juga dalam surat Ar Rum ayat 17, "Bertasbihlan pada Allah pada petang hari dan pada pagi hari (waktu subuh)". Demikian juga dalam surat Al Ahzzab ayat 42, "Dan bertasbihlah kepada-Nya pada saat Bukrah dan Ashil".

Ayat-ayat tersebut merupakan perintah dari Allah untuk senantiasa berzikir dan memuji-Nya baik pada pagi maupun petang.

Bukrah maknanya adalah awal hari yaitu antara subuh sampai terbit matahari. sedangkan ashil adalah sore hari yaitu antara waktu ashar dan magrib. waktu yang paling afdhal berzikir pagi dan petanng adalah pada bukrah dan ashil. Di dua waktu inilah sangat dianjurkan untuk membaca zikir pagi dan petang. Diantara manfaatnya adalah kita akan senantiasa dibawah penjagaan Allah karena kita senantiasa mengingat-Nya.

Tetapi diluar dua waktu tersebut ada waktu longgar bagi orang yang lupa atau ketiduran pada waktu yang afdhal tersebut atau karena ada halangan lain. Yaitu zikir pagi masih bisa dibaca sampai waktu zuhur, namun tentu tetap lebih afdhal jika dibaca setelah subuh sampai terbit matahari.

sedangkan zikir petang masih bisa dilakukan sampai pertengahan malam, dengan catatan lebih afdhal jika dilakukan setelah ashar sampai terbenam matahari.

(dirangkum dari yufid.TV)

Kamis, 9 Juli 2020

#tantangan menulis hari ke 75#

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post