Yuni Ira musyarofa

Yuni ira musyarofa seorang guru madrasah di Lumutan Kec. Botolinggo Kab Bondowoso...

Selengkapnya
Navigasi Web
Dhulli

Dhulli

Budaya hajatan terutama saat pernikahkan sering kita dengar istilah Dhulli . Dhulli dari dua kata dhudhul dan nyambelli, dhudhul berupa makanan berbahan dasar ketan,kelapa dan gula.

Proses pembuatan dhudhul sendiri membutuhkan waktu cukup lama dari memeras santan sampai adukan dalam kuali besar yang membutuhkan tenaga banyak orang, terutama kaum bidadari titipan mertua mengaduknya secara bergantian menggunakan spatula panjang, kurang lebih butuh waktu empat jam merubah bentuk santan menjadi dhudhul.

Dhudhul sendiri mempunyai cita rasa manis dan gurih cocok di makan saat santai.

Mengapa setiap momen hajatan pernikahan ada makanan khas dhudhul? Kemungkina besar (pendapat pribadi) harapan kelak kedua mempelai dalam mengarungi pernikahannya berjalan awet,langgeng dan tidak terjadi perceraian seperti sifat dhudhul lengket dan manis.

Nyambelli adalah proses penyembelihan hewan sapi yang dilakukan rame rame oleh kaum bapak dengan satu orang sebagai eksekutor.

Proses nyambelli dan dhudhul biasanya di lakukan satu

Negeri singo ulung 30102020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

duh.. keren..kobessah bu...izin follow y

10 Nov
Balas

Wow, sepertinya nikmat Bund. Sukses selalu dan barakallahu fiik

30 Oct
Balas

Trimakasih bunda

30 Oct
Balas



search

New Post