Yunik Ekowati

Namanya adalah Yunik Ekowati lahir 10 juni dia adalah si sulung dari empat bersaudara perempuan semua. Bapaknya seorang pensiunan dinas pariwisata Sragen, yang ...

Selengkapnya
Navigasi Web
PEMBURU BULU

PEMBURU BULU

Melatih menari, bereksplorasi gerak dan merancang kostumnya adalah pekerjaan ku selama ini. Berawal dari persiapan pementasan di beberapa tempat dan dalam waktu yang bersamaan. Kebetulan koleksi kostum baju di rumah sudah keluar di pinjam, tinggal sedikit dan mungkin harus menambah koleksi lagi. Terpaksa aku harus mencari ke persewaan kostum tari.

Ada teman yang memang rumahnya menyediakan persewaan kostum tari, semua ruangan dipenuhi koleksi kostum atau baju-baju tari dan property beraneka ragam tarian, mulai tari klasik, kreasi hingga tari modern. Jarak dari rumah ku lumayan jauh, bisa satu jam jika kondisi jalan tidak macet, tetapi jika macet, bisa hingga satu setengah jam. Baju yang diperlukan, kebetulan hanya tiga stel. Ini membuat ku harus berpikir dua kali, jarak yang jauh dan waktu untuk kesana juga sangat terbatas.

Rutinitas mengajar mulai dari pukul tujuh pagi hingga setengah empat sore, membuat ku tidak mempunyai cukup waktu untuk pergi kepersewaan kostum. Dengan terpaksa, karena kostum ku rasa tanggung untuk mencari dipersewaan, ku berusaha membuat sendiri. Ada beberapa meter kain sisa kemarin membuat kostum, malam itu setelah makan malam langsung ku buat sketsa gambar bentuk baju untuk pentas.

Jika semua aku sendiri yang menjahit, sudah pasti tidak bisa selesai. Ku putuskan untuk menjahitkan di tempat langganan, penjahit yang biasa ku mintai bantuan membuatkan baju. Dua hari tepat sudah selesai, akhirnya tinggal ku hiasi dengan renda, payet untuk menambah ramai dan gebyar kostumnya. Untuk menambah tampilan lebih beda, ku tambahkan membuat aksesoris hiasan kepala atau rambut.

Tadi pagi ku beli dua buah sulak bulu, yang satu berwarna cokelat satunya lagi warna-warni. Sesampai dirumah langsung ku beraksi, menyiapkan perlengkapan antara lain: lem tembak, pita warna-warni, beberapa lembar kecil kain flannel. Kreatifitas langsung muncul dan langsung teraplikasikan dalam sebuah karya, berbentuk jepit rambut bulu yang eksotis.

Akhirnya berawal dari kondisi tersebut, hingga sekarang aku masih sering membuat sendiri kostum dan aksesoris untuk perlengkapan menari. Hingga suatu ketika berdatanganlah beberapa pesanan membuat kostum dan aksesoris untuk tari kreasi. Segala sesuatu termasuk kreatifitas, selalu muncul dalam kondisi yang terjepit. Berkreasi dan berinovasi sangat dibuthkan dalam berkesenian, sehingga diharapkan muncul sesuatu yang berbeda dan baru. Semua memang harus berawal dari mencoba dan bereksperimen, selamat bereksplorasi dengan bahan-bahan disekitar.

Salam kreasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post