YUNIK EKOWATI, S.Pd

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
SINOPSIS PERGELARAN KU

SINOPSIS PERGELARAN KU

SINOPSIS PERGELARAN KU

#TantanganGurusiana Hari ke-1, 29 Januari 2020

Pagi ku terasa bersemangat, meski cuaca di luar mendung mendayu. Seperti biasa rutinitas sehari-hari briefing pagi dimulai pukul 07.45 wib. Lima belas menit kemudian bel masuk kelas berbunyi, dengan tegap ku langkahkan kaki menuju kelas XII MIPA 3. Bertemu anak-anak ku pagi ini, entah kenapa sangat menyenangkan wajah-wajah mereka terlihat ceria. Menucap salam dan menyapa mereka calon-calon pemimpin bangsa adalah hal yang lazim di sampaikan saat masuk kekelas-kelas. Serentak merespon dengan renyahnya, “kabar baiiiiik bu, bagaimana kabar ibu hari ini baikan” Alkamdulillah sungguh senang mendengarnya. Ternyata mereka sudah menyiapkan tugas yang minggu lalu disepakati, yaitu menyusun gerakan tari kreasi dalam pergelaran tari. Dengan tema cerita rakyat nusantara, melihat konsep mereka yang lumayan bagus sangat disayangkan jika tidak segera diarahkan dengan baik.

Ide kreatifitas muncul kadang harus dengan cara dipaksa, ada yang kadang dalam kondisi santai tanpa tekanan atau beban pikiran berat. Tapi tidak menutup kemungkinan kreatifitas itu muncul karena kondisi tertekan, serba kekurangan. Sehingga dengan daya upaya dan cara mencari alternative untuk ditempuh dalam berkarya. Seperti merangkai gerakan dalam tari, mereka para siswa sangat aktif dalam mencari referensi gerakan. Ada yang dari melihat di youtube, mencari tahu di sekolah-sekolah lain dan bahkan ada yang langsung mendatangi pertunjukan tari tersebut.

Dimulai dengan materi pagi ini menayakan kepada siswa, sejauh mana yang sudah kalian kerjakan sampai saat ini? Ternyata mereka sudah melakukan tahapan paling awal, yaitu mencari tahu tentang cerita-cerita rakyat dari berbagai sumber. Menentukan kelompok dan jumlah penari, membuat konsep garapan dan membuat synopsis cerita. Masing-masing kelompok mengumpulkan synopsis cerita tarian yang akan ditampilkan nanti. Sungguh sebagai guru seni, aku sangat merasa senang dan bangga, karena dengan cepat mereka melakukan tahapan-tahapan yang memang harus dilalui seorang pencipta karya tari.

Pembacaan konsep dan synopsis masing-masing kelompok dimulai. Dimulai dari kelas XII IPA1, tercata ada enam judul karya yang akan ditampilkan dalam ujian pergelaran tari nanti. Dari synopsis cerita: Roro Jonggrang,Cheng Hoo, Ramayana, Asmaradana, Borobudur, Roro Jonggrang Bandung Bondowoso. Jumlah siswa dikelas ini adalah tiga puluh enam dan terdiri dari enam kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari enam anak dan boleh berkelompok dengan laki-laki dengan perempuan atau sebaliknya. Bahkan setiap kelas diberi kebebasan, jika akan tampir solo atau sendiri juga boleh, yang penting mereka nyaman dan enjaoy dalam berkarya tanpa ada paksaan dan tekanan apapun.

Semarang, 29 Januari 2020

Edisi SINOPSIS PERGELARAN KU

#TantanganGurusiana

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Enak Buk memberi kebebasan kepada anak untuk menampilkan ekspresinya, saya juga seperti ibuk, memberikan kebebasan memilih tema penampilan pagelaran.......Siip

29 Jan
Balas



search

New Post