Yunita Kwartarani M.Pd

Saya adalah guru biasa yang menyukai dunia tulis menulis. Bagi saya menulis adalah menghidupkan hati. Menulis mampu meninggalkan kenangan untuk anak saya maupun...

Selengkapnya
Navigasi Web
PJJ Antara Dilema dan kenyataan

PJJ Antara Dilema dan kenyataan

PJJ antara Dilema dan Kenyataan

Oleh : Yunita Kwararani M.Pd

Guru SDI Al Ikhlas Cipete

.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) adalah kalimat yang viral saat ini. Pandemi membuat Pembelajaran Jarak Jauh menjadi suatu kewajiban. Mengutamakan kesehatan adalah alasan yang masuk akal untuk melaksanakan PJJ.

Persepsi tentang pembelajaran jarak jauh harus disamakan antara guru dan orang tua agar pelaksanaannya menjadi menyenangkan. Pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan di sekolah kami adalah anak belajar selayaknya mereka ke sekolah hanya berbeda ruang. Gurunya di rumah atau di sekolah, siswanya di rumah. Kami bertemu via aplikasi zoom. Jadwal sekolah merekapun tidak sepanjang sekolah biasa. Siswa dan guru bertemu mulai pukul 08.00 sampai pukul 12 siang. Waktu istirahat diberikan selama 30 menit. Guru menjelaskan pelajaran seperti layaknya di kelas, siswa mengerjakan latihanpun seperti mereka belajar di kelas. Pembedaannya adalah kami saling pandang dalam alat pembelajaran masing-masing.

Banyak orang tua yang kecewa dengan PJJ yang mengharuskan anak menyelesaikan tugas dengan bantuan penuh dari orang tua. Terbayangkan untuk orang tua yang keduanya bekerja. Guru hanya mengirimkan tugas lalu siswa mengerjakan dan memngirimkan tugas via wa dalam bentuk video ataupun foto hasil pekerjaan siswa. Atau guru mengirinkan link video dan siswa belajar dari video tersebut. Guru tak punya feedback apakah siswa memahami atau tidak materi yang diberikan saat itu. Feedback yang didapat hanyalah dari latihan soal yang diberikan. Tak peduli latihan soal itu di kerjakan siswa secara mandiri atau malah bantuan penuh dari orang tua.

Pembelajaran yang diterapkan di sekolah kami, membuat orang tua tidak terlalu banyak turun tangan membimbing anaknya di rumah. Mereka hanya menyiapkan alat pembelajaran untuk anak-anak dan memastikan anaknya sudah masuk ke dalam kelas di aplikasinya. Latihan di koreksi bersama guru. Orang tua tak harus membantu anak menjawab pertanyaan dan mengerjakan latihan karena guru memantau anak-anak mengerjakan soal dalam pembelajaran.

Jadwal pelajaran dirancang sedemikian rupa agar peserta didik tetap mendapatkan materi dan tugas dari guru bidang studi. Proses pembelajaran seperti ini tetap memerlukan pemgorbanan dari guru dan orag tua, yaitu kuota dan wifi. Kami sudah melakukan survei dan inilah pembelajaran yang paling tepat untuk anak didik kami. Tetap melaksanakan tatap muka meski via zoom.

Kegiatan pembelajaran di sekolah kami belum tentu cocok diterapkan di sekolah lain. Siswa dan guru harus mempunyai kuota yang cukup atau wifi agar pembelajaran berjalan dengan aman dan terkendali. Untuk sekolah yang peserta didiknya tak mempunyai wifi atau kuota full di smartphone nya, tetap laksanakan PJJ yang menyenangkan. Lakukan tatap muka dalam menyampaikan materi minimal satu kali dalam sepekan. Sapaan dari guru akan menambah motivasi anak-anak dalam belajar. Satu hal yang paling penting adalah, pembelajaran harus dilakukan dengan gembira. Tidak melulu mengejar anak untuk mengerjakan tugas yang banyak dengan alasan target pengisian buku paket. Lakukanlah pembelajaran yang tidak memberatkan siswa dan orang tua.

Apapun bentuk pembelajarannya, saya yakin, semua pendidik punya tujuan yang sama, mendidik anak-anak menjadi generasi yang berjiwa pemimpin, cerdas, dan berakhlakul karimah.

Selemat mendidik dengan hati ya gaes.

Jangan lupa menulis, karena menulis itu keren

PJJ
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sy juga merasa kan betul pontang panting antara bekerja d membantu belajar d mengerjakan jg, kalau seperti kita masih mending mengerti yg kasian yg benar benar orrunya di rumah d tdk tahu d anaknya masih kecil... Blm lagi kuota yg mahal ya Allah semoga lekas purna, wabah corona

25 Jul
Balas

iya bun....dilema memang....tapi untuk Jakarta, PJJ yang harus dilaksanakan. Guru harus pandai mengemasnya

25 Jul

Ungkapan hati yang umum terjadi di kelaura Indonesia. Pertama, tugas yang menumpuk dalam satu hari. Kedua, tidak cukup penjelasan dari guru baik mengenai materi maupun penjelasan. Ketiga, Permintaan tagihan yang tidak realistis dari guru. Itu keluhan dari orang tua.Bagaimana dengan guru? Pun demikian pula dengan guru. Mereka sarat dengan tuntutan memberikan tugas, absen, dalam sistem yang rumit. Penyusunan bahan ajar dan media yang interaktif dan menarik. Waduh, ...

25 Jul
Balas

betul pak....target harus diluweskan, anak dan guru perlu penyesuaian mengajar dan belajar jarak jauh

25 Jul

Terima kasih Bunda

25 Jul
Balas

sama-sama. Semoga bermanfaat

25 Jul

Terima kasih Bunda

25 Jul
Balas

Agree dengan tulisan ibu terkait metode PJJ yg sdh diputuskan n dijalankan sekolah qt selama sepekan lalu,terimakasih Bu Yunita,terimakasih jg utk sekolah qt yg telah menggodok metode belajar selama masa PJJ ini sedemikian rupa bagusnya (menurut saya) n tdk memberatkan qt (anak n ortu) apalagi utk ortu yg tetap harus bekerja n tdk bs dampingi full saat PJJ dimulai,packingan ringkes hasil maksimal,Aamiin..review PJJ sepekan lalu sdh semoga yg sdh bagus sepekan lalu ttp bs dipertahankan n ditingkatkan,kami ortu bisa mengajar dg cara kami tp kami ttp butuh seorang pendidik utk anak kami,sukses selalu utk Bu Yunita dg tulisan2nya

25 Jul
Balas

terima kasih bunda, semoga anak-anak tetap menikmati belajar walau PJJ ya

25 Jul

Aamiin aamiim semoga bu Yun n semua guru2 disekolah qt selalu bs membawakan materi yg membuat anak2 happy,enjoy n comfort dalam belajar dg cara PJJ ini semoga KBM qt selalu diberikan kemudahan n kelancaran dari Allah SWT,Aamiin

25 Jul
Balas



search

New Post