yurlina

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Cukup Menjadi Pendengar yang Baik

Cukup Menjadi Pendengar yang Baik

#Tantangan Menulis 365 Jilid 2 Hari ke-301 (997)

Apa yang kita rasakan saat kita berbicara tapi tidak didengarkan oleh orang lain. Pasti kita merasa kesal dan kecewa. Hal ini sering kita alami. Tidak adanya respon dari orang lain membuat kita merasa tidak dihargai. Ada ungkapan yang menyebutkan jika kita ingin didengar, maka belajarlah untuk mendengarkan orang lain. Jika kita ingin dihargai, maka belajarlah untuk menghargai orang lain. Namun hal ini kadang dianggap sepele, padahal kunci utama untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang lain adalah harus bisa saling memahami satu sama lain.

Persoalan ini sering muncul. Salah satu penyebabnya akibat tidak pekanya pendengar dan yang ingin didengar membaca situasi. Banyak orang yang hanya mau didengar saja, tapi tidak mau mendengarkan orang lain. Saat kita atau orang lain tidak mau menjadi pendengar yang baik, maka disitulah awal permasalahannya. Sebenarnya jika tidak ingin terjadi kesalahpahaman, cobalah kita berusaha untuk belajar saling memahami situasinya. Memang tidak menutup kemungkinan, hal ini bisa saja disebabkan kita atau orang lain tidak mau dilibatkan dalam permasalahan yang sedang dibicarakan. Meskipun belum tentu juga kita atau orang lain menginginkan untuk dilibatkan atau dibantu untuk menyelesaikannya.

Ada baiknya, walaupun kita tidak mampu untuk menyelesaikan persoalan orang lain, tapi setidaknya kita mampu menunjukkan sikap empati pada permasalahan yang sedang dibicarakan. Jangan mengkritik apalagi ikut memperparah masalah yang dibicarakan. Jika kita tidak mampu mencarikan solusi untuk mengatasi masalahnya, setidaknya kita bisa menunjukkan sikap peduli. Begitu juga sebaliknya, jika orang lain tidak mampu memberikan solusi atas permasalahan yang sedang kita bicarakan, maka kita harus mau berlapang dada asalkan orang lain bersedia untuk mendengarkan.

Dengan belajar mendengarkan permasalahan orang lain kita sudah cukup membantu meringankan permasalahan yang sedang dihadapi mereka. Menjadi pendengar yang baik mungkin tidak terlalu sulit, asalkan inti dari permasalahan yang dibicarakan tidak melibatkan persoalan orang lain, selain persoalan dirinya sendiri. Setelahnya jika kita merasa mampu memberi solusi, maka lakukanlah. Namun jika kita tidak mampu dan tidak diminnta untuk menanggapi sebaiknya bersikaplah netral, dan cukup menjadi pendengar saja. Suatu waktu kita juga tidak akan pernah tahu bagaimana orang lain akan menyikapi sikap kita ketika kita sedang berbicara. Apakah mereka bersedia menjadi pendengar yang baik untuk kita. Salam Literasi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya

28 Oct
Balas

Kadang teman berkeluh kesah hanya butuh tempat menumpahkan rasa bukan nasihat ,hehe.... Cukup diam dan mendengarnya.. Kolom keren yunda.. Barokalloh

28 Oct
Balas



search

New Post