Yusi Maesuri

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Method pembelajaran tahfidz era pandemic

Belajar DARING (dalam jaringan) menjadi salah satu solusi pada era pandemic C-19. Berbagai macam Methode pembelajaran telah diupayakan oleh para pendidik untuk menciptakan pembelajaran yang efektif.

Memasuki tahun ke-dua pembelajaran daring mulai lebih menemukan solusi pembelajaran daring yang dianggap efektif seperti menggunakan applikasi pembelajaran yang disediakan oleh Google (meet, classroom, form, documen, slide, drive) dan lainnya.

Pembelajaran tahun ke dua Daring ini bagian dari evaluasi pembelajaran tahun pertama daring, karena mengingat banyak hal yang mesti dipelajari terlebih dahulu dalam dunia Perdigitalan.

Pembelajaran tahfidzul Qur'an menjadi salah satu pembelajaran yang tidak boleh dihilangkan dari dunia pendidikan terutama di sekolah swasta seperti SDIT SMPIT dan SMAIT karena dengan adanya pembelajaran tahfidz siswa-siswi masih tetap diharuskan untuk membiasakan diri membaca dan mempelajari Alquran dengan baik. Pembiasaan inilah yang menjadi salah satu tolak ukur keberhasilan manusia pada hakikatnya karrie merupakan bagian dari ibadah.

Pembelajaran tahfidz di sekolah secara daring masih terbilang cukup sulit untuk terbentuknya kesadaran akan pentingnya mempelajari Alquran apalagi jika tidak adanya tuntutan dari lingkungan sekitar.

Ada beberapa hal yang harus dilaksanakan untuk menunjang pembelajaran tahfidz agar mampu membrikan motivasi siswa-siswi untuk membaca dan mempelajari Alquran dengan baik, diantaranya:

- pembelajaran via Google meet untuk pemberian materi dan membacanya.

- setoran via WAG tahfidz berupa video

- penilaian dan koreksi bacaan Al-Quran via WAG oleh Guru tahfidz (Ulangi/Lanjut) dengan menggunakan stiker rewards

- setoran hafalan maksimal 1 pekan satu surat atau ayat yang telah diberikan Guru tahfidz

- membrikan rewards bagi siswa-siswi yang semangat menghafal

Beberapa upaya metode pembelajaran ini dilakukan guna memberikan pembelajaran tahfidz yang efektif dan membrikan motivasi semangat menghafal juga murajaah untuk siswa-siswi yang sekolah dalam jaringan.

Demikian beberapa upaya pembelajaran tahfidz yang saya terapkan di sekolah yang sedang saya mumpuni. Semoga bermanfaat dan mohon maaf karena tulisan ini masih banyak belajar untuk penulis sendiri.

_youSee7092_

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Metode metode yang luar biasa. Sukses selalu dan barakallahu fiik

01 Nov
Balas

Semoga bermanfaat sahabat literasi dan guru pembelajar

31 Oct
Balas

Semoga bermanfaat sahabat literasi dan guru pembelajar

31 Oct
Balas



search

New Post