YUSMAINI

Saya sekarang bertugas di SDN 13/IV Tanjung Pinang Jambi Timur Kota Jambi, Propinsi Jambi. Seorang putri daerah asli Jambi. Sudah mengabdi pada pada dunia pendi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Si Kecilku
gambar : ruangguru.com

Si Kecilku

 

Tagursiana II

Hari ke-18

 

 

 

Waktu itu aku mengajar di kelas enam SD. Suatu hari putraku yang masih berusia lima tahun terpaksa ikut ke sekolah. Di rumah tidak ada orang. Pengasuhnya kebetulan tidak datang karena sakit. Ya, jadinya ia ikut ke kelas. Ku duduk kan si kecilku di salah satu kursi yang kebetulan muridnya tidak hadir. Ku beri si kecil sebuah buku gambar dan pinsil. Ia suka membuat gambar. Ku bisikkan padanya agar tidak mengganggu para murid yang sedang belajar. 

 

Aku akan memberi pelajaran bermuatan IPA hari itu. Pelajaran dimulai pada jam pertama dan kedua. Materi pembelajaran pagi itu adalah mengenai tata surya. Panjang lebar sudah ku jelaskan materi kepada para murid. Metode pembelajaran pun bervariasi dilakukan. Semua murid nampak bersemangat memperhatikan. Stimulus-respon berlangsung dengan baik. Antara sesama murid, maupun murid dengan guru. Apalagi setelah penggunaan media pembelajaran. Para murid sangat antusias dalam belajar. Rasa keingintahuannya begitu besar. 

 

Tiba pada sesi tanya jawab, aku pun melemparkan beberapa pertanyaan. Beberapa orang murid dapat menjawab pertanyaan dengan baik. Namun ada juga yang belum sempurna dalam menjawab. Pertanyaan para murid pun dapat ku jawab dengan jelas. Tiba di pertanyaan terakhir, aku menanyakan tentang planet apa yang terpanas dalam susunan tata surya. Sejenak murid terdiam. Lalu terdengar  jawaban pertanyaan, "Planet Venus, Bu!" dengan suara yang lantang dan jelas. Seisi kelas menoleh ke arah sumber suara. Ternyata si kecilku yang menjawab pertanyaan itu. Langsung saja ku acungkan jempol. 

 

Sumber materi : https://www.kompas.com

 

Kota Jambi, 25 September 2021.

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post