Yusnani

Bertugas di TK/SD Swasta Qurrata A'yun Kota Tebing Tinggi Provinsi Sumatera Utara....

Selengkapnya
Navigasi Web
Reportase Webinar Media Guru Sumatera 2

Reportase Webinar Media Guru Sumatera 2

Pada hari Selasa, 19 Mei 2020 acara webinar Sumatra 2 yang diadakan oleh Media Guru Indonesia yang bekerja sama dengan Indosat, mulai dari pukul 09.00 – 11.30 WIB dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting. Sebagai pembawa acara pada kegiatan ini adalah pimpinan umum Media Guru Indonesi Bapak Muhammad Ihsan. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Internet Pendidikan”.

Dalam paparannya beliau mengatakan beberapa manfaat menulis bagi anak diantaranya adalah:

1. Meningkatkan kecerdasan

2. Sebagai media terapi

3. Latihan memecahkan masalah

4. Melatih kesabaran

5. Menambah ilmu /wawasan

6. Meningkatkan daya ingat

7. Berjuang lewat tulisan

Sebagai keynote - speker pada webinar sumtra 2 ini adalah Bapak Riswandi, S.Pd, M.Pd selaku kepala Dinas Pendidikan Tanah Datar. Dalam paparannya beliau mengangkat tema tentang “Transpormasi Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19”.

Webinar Sumatra 2 menghadirkan empat orang nara sumber yang merupakan guru-guru hebat yang telah berhasil melakukan praktek baik dalam hal mengembangkan literasi di sekolahnya masing-masing. Pembicara pertama adalah Ibu Mahniar Sinaga, beliau adalah guru SD Darul Ilmi Murni Deli Serdang. Praktek baik yang dilakukan diberi judul “Mempertajam Literasi Dasar di tengah Covid-19”. Beliau memaparkan bagaimana usahanya mengembangkan literasi untuk murid-muridnya. Dimulai dari geliat literasi aksi, dilanjutkan dengan melakukan pendampingan kepada murid-muridnya setiap minggu. Kegiatan yang dilakukan ternyata mendapat tanggapan yang positif dari murid-muridnya, hal ini dibuktikan dengan terbitnya buku murid-muridnya.

Wabah covid -19 berhasil dimanfaatkan sebagai sebuah kegiatan yang positif yaitu semakin mempertajam literasi dikalangan murid-murid beliau yang dilakukan secara daring. Bahkan murid-murid yang awalnya tidak tertarik untuk menulis menjadi tertarik untuk menulis.

Selain mengajak murid-murid untuk menulis, beliau juga melibatkan orang tua dalam mendukung anak-anak mereka untuk membantu dalam pembiayaan cetak buku yang sudah diselesaikan anaknya.

Nara sumber yang kedua adalah Bapak Mualdin Sinurat, M.Pd, guru SMP Swasta Putri Cahaya Medan. Tema yang beliau paparkan berjudul” Anjungan Kearifan Lokal Untuk Membumikan Literasi”

Nara sumber yang ketiga memnyampaikan materi dengan tema ” Membangun Literasi Dengan Menghasilkan Karya Berupa Buku oleh Siswa. Beliau adalah Ibu Dra Eliyarni (Guru SMPN 2 Kota Besar Kabupaten Dhamasraya). Menurutnya untuk mengeliatkan literasi pada masa pandemic covid-19 ini, guru dapat melakukannya dengan bimbingan kepada siswa dan memberikan ketentuan menulis yang jelas.

Ibu Endah Wijayanti (Guru SMAN 77 Jakarta) merupakan nara sumber keempat atau terakhir pada kegiatan Webinar Sumatra 2 ini. Tema yang beliau sampaikan berjudul “Mencapai Cita-cita di Tengah Corona” beliau bercerita tentang bagaimana siswanya sudah dapat menulis novel, selain itu juga berkat tantangan yang beliau berikan kepada murid-muridnya menghantarkan peserta didik dan beliau bersama-sama berangkat ke Jepang.

Terima kasih kepada pak CEO dan keempat nara sumber yang telah berbagi praktek baik yang sudah dilakukan, semoga dapat menjadi motivasi untuk melaksanakan di sekolah-sekolah di seluruh peserta Webinar Sumatra 2.

Salam Literasi

Tebing Tinggi, 21 Mei 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

ada foto ku disana

21 May
Balas

Keren2 semua ya bu

23 May



search

New Post