Yus Neni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Catatan dari Pak Cah 19

Menulis Ekspresif untuk Penderita Psikosomatis

Oleh : Cahyadi Takariawan

Gangguan psikosomatis merupakan salah satu masalah kesehatan mental yang erat kaitannya dengan pola pikir seseorang. Gangguan psikosomatis terjadi ketika ada pemicu dari pikiran, dan sangat dipengaruhi kondisi emosi seseorang.

Terapi menulis ekspresif merupakan proses terapi dengan menggunakan metode menulis ekspresif untuk mengungkapkan pengalaman emosional, untuk mengurangi stres yang dirasakan individu.

Dengan demikian dapat membantu memperbaiki kesehatan fisik, menjernihkan pikiran, memperbaiki perilaku, dan menstabilkan emosi. Ekpresi emosional merupakan ekspresi natural dari emosi yang sebenarnya.

Hasil penelitian Muthoharoh (2013) menunjukkan, tingkat stres subjek menurun setelah diberi perlakuan. Subjek melakukan dua hal dalam proses terapi menulis ekspresif, yaitu: mengungkapkan peristiwa traumatis dan emosi terdalam terkait peristiwa tersebut.

Proses tersebut kemudian dapat membantu memulihkan kondisi psikosomatik yang dialami subjek.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post