Yus Neni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Catatan dari Pak Cah 22

Menulis Ekspresif untuk Mengatasi Trauma Korban Kekerasan Pacaran

 

Oleh : Cahyadi Takariawan

 

Kekerasan dalam pacaran atau dating violence adalah tindak kekerasan terhadap pasangan yang belum terikat pernikahan meliputi kekerasan fisik, emosional, ekonomi dan pembatasan aktivitas.

 

Di antara kasus kekerasan pada perempuan, tingkat kekerasan fisik dan seksual yang dialami perempuan belum menikah cukup besar, yaitu sebesar 42,7%. Kekerasan seksual paling banyak dialami perempuan yang belum menikah yaitu 34.4%, lebih besar dibanding kekerasan fisik 19.6% (Kemen PPPA, 2018). 

 

Data Simfoni PPA tahun 2016 menyebutkan bahwa dari 10.847 pelaku kekerasan sebanyak 2.090 pelaku kekerasan adalah pacar/teman (Kemen PPPA, 2018). Dampak yang muncul sangat negatif terhadap kesehatan mental, fisik dan perilaku korban.

 

Panggabean dkk (2020) melakukan penelitian untuk menguji penerapan terapi menulis ekspresif terhadap korban kekerasan masa pacaran yang dilihat dari penurunan tingkat PTSD. 

 

Penelitian Panggabean dkk mampu membuktikan pengaruh positif menulis ekspresif terhadap peningkatan mood. Terbukti bahwa terapi menulis pengalaman emosional dapat memberi efek positif dalam fungsi sosial, psikologis, tingkah laku, dan fungsi biologis seseorang.

 

Menulis ekspresif mampu memberikan dampak positif terhadap perempuan korban kekerasan dalam pacaran. Fungsi sosial, psikologis, tingkah laku, dan fungsi biologis ditemukan mengalami perbaikan, melalui menulis ekspresi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post