Urgensi kkg dalam peningkatan kompetensi guru
Salah satu kelompok guru yang aktif dan eksis diantara banyaknya kelompok guru adalah KKG. KKG atau kelompok kerja guru merupakan wadah atau forum kegiatan profesional bagi guru ditingkat gugus atau kecamatan yang terdiri dari beberapa guru dari beberapa sekolah.
Menurut Din Wahyudin dalam bukunya pemantauan dan evaluasi kkg adalah wadah guru profesional yang aktif,kompak dan akrab.dalam wadah ini para guru dapat membahas tentang mereka dan untuk mereka.
Dalam UU no 14 tahun 2015 kkg merupakan salah satu organisasi profesi guru yang berfungsi untuk memajukan profesi, meningkatkan kompetensi, karir, wawasan pendidikan, perlindungan profesi, kesejahteraan dan pengabdian masyarakat.
Guru sebagai komponen utama dalam dunia pendidikan dituntut untuk mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang berkembang ditengah masyarakat. Guru yang menginspirasi idealnya dimiliki oleh semua guru, guru tidak hanya dituntut untuk memberikan pembelajaran secara konvensional yang hanya mengasah ranah kognitif dan terpaku kepada dokumen kurikulum formal akan tetapi guru dituntut untuk bisa mengemas materi secara aktual sehingga bisa menjawab tantangan demi tantangan yang hadir seiring dengan perkembangan zaman, sehingga dia mampu mensejajarkan ilmunya dengan tuntutan zaman.
Revolusi industri 4.0 telah lama didengungkan, hal ini merupakan tantangan tersendiri dalam dunia pendidikan,
Kkg atau kelompok kerja guru merupakan sebuah wadah pembinaan guru yang mandiri, profesional yang mampu untuk mengayomi guru dalam peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran, walaupun setiap guru bertanggung jawab untuk meningkatkan keprofesionalannya dan bertanggung jawab secara profesional untuk terus meningkatkan kemampuannya.
Kelompok kerja guru (kKG) seperti halnya organisasi lainnya juga memiliki ketua, sekretaris, bendahara dan beberapa devisi yang dibina oleh seorang pengawas, mengingat pentingnya KKG ini dalam peningkatan kompetensi guru maka KKG dituntut untuk bisa berbuat lebih banyak yang bisa menyentuh lansung dengan kebutuhan guru. Banyak hal yang bisa diperbuat di KKG yang oriantasinya kepada peningkatan kwalitas pengetahuan, penguasaan materi, tekhnik mengajar yang terfokus kepada penciptaan kegiatan belajar mengajar yang efektif, dan mampu mencari sebuah alternatif dalam menyelesaikan berbagai masalah yang terdapat dalam pembelajaran terutama dalam mata pembelajaran yang diampu.
Tugas dan tanggung jawab KKG secara umum adalah
1. Memberikan motivasi kepada guru agar mengikuti seluruh kegiatan yang diadakan
2. Meningkatkan kompetensi yang meliputi beberapa aspek diantaranya aspek pedagogis, kepribadian, sosial dan profesional.
3. Menunjang pemenuhan kebutuhan yang berkaitan dengan kegiatan proses pembelajaran.
Tugas dan tanggung jawab itu akan terwujud ketika dibarengi dengan kepiawaian dan kepintaran pengurus KKG dalam menjalankan roda organisasi, adanya kerja sama yang baik antara pengurus dan anggota dan adanya rasa memiliki organisasi serta punya keinginan yang sama untuk menjadikan KKG sebagai tempat untuk meningkatkan kwalitas pribadi dalam mewujudkan tujuan pendidikan.
Guru hebat itu tidak bisa kita dapatkan secara instan guru hebat itu akan muncul dengan sebuah proses dan dinamika, berbuat demi mencerdaskan anak bangsa.
Padang Panjang, 5 Agustus 2020
Gurusiana hari ke 24
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar