Yuswanto Raider

Saya adalah pendidik (Guru) yang tinggal di Kabupaten Mojokerto. Saya lahir di Surabaya, 14 Februari 1974. Saya alumnus Jurusan Pendidikan Geografi FPIPS IKIP S...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ini Lho, 9 CiriCiri Permainan Outbound Training
Setiap bentuk permainan yang diberikan kepada peserta outbound, harus dapat dijelaskan secara prinsip apa muatan pesannya

Ini Lho, 9 CiriCiri Permainan Outbound Training

Tidak semua permainan yang dilakukan di alam (outdoor activity) terbuka maupun di dalam ruangan (indoor activity), dapat dikategorikan dalam permainan outbound training. Permainan yang dilakukan dalam outbound training memiliki ciri khas tersendiri. Ciri khas atau karakteristik permainan itulah yang membedakan permainan outbound training dengan permainan-permainan lainnya. Apalagi dalam perkembangannya, permainan outbound training sudah dapat diklasifikasikan serta memiliki berbagai bentuk simbol yang dapat diuraikan maknanya.

Apakah kompetisi tarik tambang dapat dikategorikan sebagai permainan outbound training? Penulis menjawabnya : kurang tepat! Analoginya : permainan tarik tambang memang menggunakan alat berupa tali/tambang serat nanas, dilaksanakan di luar ruangan, dan dilakukan banyak orang secara berkelompok. Bahkan permainan kompetisi berupa tarik tambang itu sangatlah menyenangkan. Namun, kelemahan permainan tarik tambang justru terletak pada keterbatasan analisis simbolistik dan pemaknaannya secara filosofis. Dapat dikatakan, terlalu sederhana untuk dianalisis secara manajerial. Padahal, dalam permainan outbound training, unsur analisis simbolistik dan pemaknaan filosofis dalam kehidupan sehari-hari justru menjadi penekanan utama dalam memberikan pencerahan kepada peserta outbound training.

Lalu, apa sebetulnya ciri khas atau karakteristik dari permainan yang ada dalam outbound training? Beberapa ciri-ciri atau karakteristik dari permainan yang dapat dikategorikan sebagai permainan outbound training, idealnya dapat mencitrakan unsur-unsur kelengkapan permainan sebagai berikut :

Memiliki nama permainan; Menggunakan alat dan bahan permainan; Memiliki tahapan instruksi yang jelas; Memiliki tujuan permainan, baik secara teknis maupun secara simbolistik dan filosofis kehidupan; Memiliki target akhir secara teknis permainan; Dapat dilakukan di luar atau di dalam ruangan; Memiliki spesifikasi dan tingkatan resiko yang jelas; Memiliki perangkat keamanan, kenyamanan, dan keselamatan bagi peserta atau pelaku permainannya; Dapat di evaluasi secara teknis maupun justifikasi makna permainan yang didasarkan pada aspek kehidupan pelaku permainan dalam kehidupan sehari – hari.

 Dari beberapa ciri khas sebagaimana tersebut di atas, tentu tidak menutup kemungkinan masih ada ciri khas/karakteristik lainnya. Mengingat, jenis dan bentuk permainan dalam outbound training itu terus berkembang sesuai dengan daya kecerdasan dan kreatifitas si pencipta permainan.

Bagaimana pun juga, satu catatan penting yang patut diketahui, bahwa meskipun permainan-permainan dalam outbound training tersebut biasa digunakan dalam pelatihan, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa permainan tersebut juga dapat dijadikan sebagai permainan kompetisi. Hanya saja, bila digunakan untuk permainan kompetisi diperlukan analisa yang lebih mendalam terhadap unsur mana dalam permainan tersebut yang realistis untuk dijadikan sebagai permainan kompetisi.

Biasanya, unsur yang dinilai dalam permainan outbound training yang dapat dijadikan permainan kompetisi, terletak pada ketepatan dan kecepatan waktu pencapaian target permainan. Penilaiannya tentu dari aspek kecepatan waktu penyelesaian permainan dan tercapainya target permainan sesuai instruksi yang diberikan.

Kesimpulannya, tidak semua permainan yang ada di lapangan atau di kelas, bisa dikategorikan sebagai permainan outbound. Pastinya, setiap permainan dalam kegiatan outbound training memiliki dasar-dasar keilmuan yang jelas dan bermuatan simbol-simbol yang dapat dijadikan sebagai ilustrasi atas fakta kehidupan.

#Yuswanto Raider Gurusiana H5 (20.01.2020)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

mantab..kayaknya saya pernah diberi materi itu di outbound 5 tahun lalu..salam

21 Jan
Balas

Siap dan terima kasih attensinya Bapak #Eko Andri Wahyudiono

22 Jan



search

New Post