Zaenal Abidin

Guru Pemula...

Selengkapnya
Navigasi Web

BERMAIN TTS (TEKA TEKI SILANG)

Bermain TTS (Teka Teki Silang)

.

Siang itu cuaca begitu cerah, bahkan cenderung panas. Anak-anak mulai gerah selepas bermain waktu istirahat.

Tibalah waktu pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Saya melihat anak-anak masih belum siap mengikuti pelajaran, sebagian masih menghabiskan sisa makanan dan minumannya. Beberapa meminta izin, "pak, saya habiskan makanan saya dulu ya pak", rayunya agar saya tidak segera memulai pelajaran.

Sebagian lagi nampak berkeringat bercucuran di punggung dan dahinya. Maklum, mereka baru saja selesai istirahat, mereka berolahraga keras di tengah cuaca yang kebetulan panas waktu itu. Saya menunggu beberapa saat, sampai mereka selesai dengan kegiatan "istirahat" nya.

Sejurus kemudian, saya membuka pelajaran. Pertemuan kali ini saya sengaja menyiapkan dua puluh pertanyaan tentang peristiwa isra dan mi'raj, pertanyaan tersebut saya kemas dalam bentuk TTS (Teka Teki Silang). Soal tersebut saya buat menggunakan aplikasi EclipseCrossword. Sebuah aplikasi freeware yang bisa diunduh di internet. Ketik saja EclipseCrossword di kotak pencarian google, anda akan diarahkan ke laman download aplikasinya.

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, hanya butuh beberapa menit untuk mempelajari langkah-langkah pembuatan TTS nya.

Sebenarnya saya ingin memberikan tutorialnya di sini, tapi karena keterbatasan upload gambar di blog gurusiana, akhirnya saya urungkan membuat tutorialnya. Mungkin akan saya posting di blog pribadi.

Pada pelaksanaannya, anak-anak saya bebaskan untuk mencari jawaban dalam buku pelajaran. Dengan beberapa persyaratan: tidak mencontek hasil temannya, tidak menanyakan jawaban kepada teman, tidak bertanya kepada guru kecuali tidak paham dengan pertanyaan. Hal ini mendorong siswa agar mau membaca dan berlatih secara mandiri menemukan jawaban dalam TTS tersebut.

Di luar dugaan saya, anak-anak senang sekali mengerjakannya. Si Andi (bukan nama sebenarnya) biasanya terkenal sebagai anak yang paling sering tidak mengerjakan tugas, apapun tugas itu ia selalu punya alasan untuk tidak mengerjakan. Tapi kali ini ia nampak antusias, bahkan beberapa kali ia harus mengulang bacaannya untuk menemukan jawaban dalam TTS yang saya buat.

Fina dan ibra dua bocah cekatan itu kemudian maju menyerahkan pekerjaannya, nampaknya mereka berdua adalah yang tercepat menyelesaikan TTS. Fina kemudian nyeletuk: "Pak, kalau ujian semester buatlah soal seperti ini saja ya, bosan mengerjakan soal pilihan ganda dan isian terus menerus".

Saya menatapnya agak heran. Kemudian saya jawab dengan tegas:

" Pasti, pak guru akan mengusahakan itu, kita ini sudah Merdeka Belajar, kita bebas menentukan model soal dan gaya belajar kita".

Ia bingung nampaknya, semoga saja mengerti.

"Ini hasil TTS mu, angka 100 saya tulis dengan besar di bukunya, kamu luar biasa, jawabanmu cepat dan tepat. "

#TantanganGurusiana (Hari Ke-30)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post