ZAENOL HASAN

Zaenul Hasan, lahir di Kabupaten Jember, 19 Juni 1970. Alumni SDN Patemon 1 (1983), MTsN 1 Jember (1986), SMA 2 Jember (1989), D3 Pendidikan Bahasa Indone...

Selengkapnya
Navigasi Web

BERKARYA DENGAN MELAHIRKAN GENERASI BIASA MENJADI GENERASI LUAR BIASA

Dari sekian banyak ciptaan Tuhan (Allah SWT) di muka bumi, manusia adalah makhluk yang paling sempurna. “Sesungguhnya Kami (Allah SWT) telah ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya,” begitu Allah SWT firmankan di dalam satu ayat-Nya di Surat At-Tin.

Memang, dari sekian ribu bahkan mungkin sekian juta ciptaan Tuhan (Allah SWT) yang ada, manusialah ciptaan-Nya yang paling sempurna. Namun, “Tidak ada manusia yang terlahir sempurna,” kata sebuah potongan larik lagu. Manusia itu sebenarnya lemah. Sebagai bukti bahwa manusia itu adalah makhluk yang lemah, ketika bayi, ia tidak bisa mandiri sebagaimana makhluk lain. Ketika manusia dilahirkan, ia harus dilayani segala kebutuhannya bahkan sekedar untuk membersihkan kotorannya sendiri. Hal ini berbeda dengan makhluk lain, contohnya ayam. Anak ayam ketika keluar dari cangkang telurnya bisa langsung berjalan, bahkan mencari makan sendiri. Demikian juga dengan binatang-binatang lain. Manusia juga secara fisik tidak memiliki alat pertahanan khusus, tetapi binatang memilikinya. Harimau dengan taringnya, burung dan ayam dengan cakar dan paruhnya dan seterusnya. Ketidakberdayaan manusia, sebenarnya menunjukan bukti ketergantungan manusia dengan orang lain. Manusia membutuhkan bimbingan, arahan, dan motivasi dari orang lain. Itu sebabnya, ketergantungan manusia itu bukan hanya ketika bayi saja, tetapi sampai akhir hayat tetap akan membutuhkan yang lain. Ketika ia sudah dewasa pun akan selalu membutuhkan pertolongan orang lain. Itu sebabnya, seseorang harus sadar bahwa dirinya memang sangat lemah dan lemah, biasa saja tidak luar biasa.

Sudah saatnya pada tahun 2023 ini, karya besar seseorang ditunggu-tunggu banyak orang. Berkarya dengan melahirkan dari yang tidak bisa menjadi bisa. Berkarya dengan melahirkan yang biasa menjadi luar biasa. Walaupun berkarya dengan melahirkan yang biasa menjadi luar biasa terasa sulit dan tak mungkin terealisasi, tetapi cara-cara berikut bisa dicoba. Cara tersebut, di antaranya: (1) Orang luar biasa tidak boleh malu. Orang yang luar biasa harus berani tampil beda. Lihat saja Marc Zuckerberg, pendiri Facebook yang selalu tampil beda dalam penampilannya. Jika kebanyakan orang berpenampilan necis, maka ia selalu berani tampil hanya dengan kaos T-shirt abu-abunya. (2) Orang yang luar biasa harus berani dikucilkan karena memiliki hal yang berbeda dan tak lumrah dibandingkan banyak orang. Misalnya saja sosok Jack Ma yang lahir dari keluarga miskin, tetapi memiliki mimpi yang besar. Banyak orang menganggapnya aneh, namun lihatlah ia sekarang yang menjadi salah satu orang terkaya di dunia. (3) Orang yang luar biasa akan selalu mencari tahu segala sesuatu terlebih dahulu sebelum mempercayainya. (4) Orang yang luar biasa memiliki keberanian untuk melakukan hal yang dianggap banyak orang di luar kewajaran. Berani mengambil risiko bukan berarti bertindak bodoh, tetapi tetap memikirkan dampak baik dan buruk yang mungkin akan terjadi. (5) Orang yang luar biasa harus memiliki mimpi yang luar biasa pula dan diikuti dengan tindakan realistis. Jadi bukan hanya sekedar bermimpi saja. (6) orang yang luar biasa adalah sosok yang mampu mengetahui bakatnya dan kemudian mengembangkan bakat tersebut hingga menjadi alat kesuksesannya. (7) Orang yang luar biasa sangat mementingkan latihan fisik setiap hari karena mereka benar-benar sadar bahwa meraih impian yang besar juga membutuhkan kesehatan fisik dan mental yang kuat. (8) Sosok yang luar biasa tak hanya sekedar memiliki mimpi, tapi mewujudkan mimpi besarnya dalam kehidupan nyata. (9 Seorang yang luar biasa akan menampilkan perwujudan dari keyakinan yang ia miliki. Ia tidak akan malu untuk menjadi berbeda dibandingkan orang kebanyakan. (10) orang luar biasa yang telah sukses sekalipun akan melakukan kesalahan, tetapi mereka selalu belajar dari setiap kesalahan yang mereka buat. Kesalahan yang telah terjadi akan menjadi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan ke depannya. (11) Sosok yang luar biasa memiliki integritas tinggi. Tak hanya sekedar mencari kesuksesan semata, tetapi juga memiliki sifat yang luar biasa.

Zaenol Hasan terlahir ke dunia 52 tahun yang lalu. Tepatnya pada tanggal 19 Juni 1970 di satu desa pinggiran Kabupaten Jember, yaitu Desa Patemon Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember. Sempat menjadi guru honorer di MAS Arjasa, MTsN 5 Jember, SMA Muham-madiyah 3 Jember, dan MTsN 1 Jember. Sejak tahun 1999 diangkat sebagai PNS dan ditempatkan di MTsN 7 Jember. Tahun 2005 dimutasi ke MTs Negeri 1 Jember

Jawa Timur sampai sekarang. Alamat E-mail yang bisa dihubungi adalah [email protected] dan WA aktif: 081249171709.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post