Zaenul Arifien

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Jurnal Refleksi 1.2 Dwi Mingguan Nilai dan Peran Guru Penggerak

Jurnal Refleksi 1.2 Dwi Mingguan Nilai dan Peran Guru Penggerak

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak  Assalamualaikum Wr. Wb

Perkenalkan saya Zaenul Arifien dari SD AL FALAH DARUSSALAM Waru - Sidoarjo Provinsi Jawa Timur. Dalam kesempatan saat ini saya akan menulis jurnal Refleksi Dwi Mingguan modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak. jurnal ini di buat untuk merefleksi diri saya yang sudah mempelajari modul tersebut. Jurnal Dwi Mingguan adalah tugas yang harus di buat oleh semua calon guru penggerak.

kali ini saya akan menulis refleksi kegiatan yang telah saya lalui menjdi seorang guru penggerak, khususnya pada modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak yang telah selesai saya pelajari. banyak pengetahuan - pengetahuan atau ilmu yang saya dapat ketika mengikuti calon guru penggerak ini, dalam refleksi ini saya akan menggunakan model yaitu 4P : peristiwa, perasaan, pembelajaran, dan penerapan 

 

 

 

 

1. Peristiwa 

setelah saya mempelajari modul 1.1 Filosofo Ki Hajar Dewantara, dilanjut modul 1.2 nilai dan peran guru penggerak. di modul 1.2 kita belajar mulai dari trapesium usia, dari trapesium usia yang saya buat saya banyak mendapatkan pelajaran baru mengenai kejadian negatif dan positif meskipun suadah lama berlalu dan kejadian tersebut masik berada di benak otak saya dan masik selalu teringat, hal tersebut menjadikan pelajaran bagi saya bahwa sebagai guru harus bisa menjadi momen positif bagi siswa dan  berusaha momen negatif tidak sampek dirasakan oleh siswa. Dan selanjutnya saya mengidentifikasi nilai -nilai dari guru penggerak yang sudah ada pada diri saya dan bagai mana menerapkan nilai - nilai guru penggerak agar bisa dilakukan dengan baik dan optimal dalam pembelajaran dan dalam kepemimpinan di sekolah saya.

 

 

 

 

Pada minggu pertama dibulan September tepatnya tanggal 1 September saya mulai belajar modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak mulai dari mereflesikan pengalaman masa lalu, nilai diri serta peran yang dimiliki oleh seorang guru. dialam modul 1.2 terdiri dari materi yaitu:

tentang konsep manusia tergerak tentang konsep manusia bergerak tentang konsep menggerakkan manusia 

pada tanggal 1 september saya menyelami LMS yang dimulai dari Diri & Eksplorasi konsep yang harus dipelajari secara mandiri dan berdiskusi antara sesama calon guru penggerak secara tertulis dan kita harus memahami karena materi lumayan banyak dan membutuhkan waktu untuk mempelajari dan memahaminya.

setelah melewati tahap demi tahap saya dan temen-temen sekelas melanjutkan kegiatan (RUKOL) Ruang kolaborasi 1.2 tanggal 4 September saya melakukan Eksplorasi konsep forum diskusi yang di pimpin oleh fasilisator yaitu bapak Abdul Qadimul Azal,M.Pd selaku fasilitator, di sana banyak sekali ide-ide yang cemerlang di dalam kelompok ini kami di mintak untuk membuat karya gambaran singkat serta rancangan-rancangan suatu kegiatan. dan pada diskusi ini kelompok kami memilih rancangan P5 yang akan diselenggarakan di kolmpok kami ada 4 orang yaitu saya sendiri (zaenul Arifien), Agustin Yuliana, Agung Fathur, dan Sri wahyuni 

 

kegiatan di modul 1.2 diakhiri dengan diskusi virtual Elaborasi pemahaman yang akan di isi oleh instruktur ibu Wahyu Ekawati. pemaparan instruktur sangat jelas dan rinci sehingga saya memahami modul 1.2 tentang nilai dan peran guru penggerak serta dapat banyak ilmu dan pencerahan  dalam virtual ini  

2. Perasaan 

setelah mempelajari modul 1.2 tentang nilai dan guru penggerak yang saya rasakan adalah tumbuhnya rasa kesadaran dari dalam diri di mana hati mulai bergerakdan tergerak untuk melakukan perubahan pada diri saya terlebih dahulu. saya ingin ingin meluruskan kembali hal-hal yang kurang selam ini lalu bergerak mengajak teman sejawat untuk menumbuhkan nilai dan peran yang mesti dimiliki oleh seorang pendidik agar mewujutkan karakter profil pancasila untuk pendidikan yang lebih baik dan ikut serta dalam perubahan pendidikan yang tertuang pada Demonstrasi kontekstual modul 1.2 ini 

 

3. Pembelajaran

banyak pengalaman yang saya dapatkan selama 1 minggu ini mempelajari modul 1.2 sebagai berikut :

mendapatkan pembelajaran tentang bagaimana cara kerja otak manusia yaitu berpikir lambat dan berpikir cepat. kita sebagai pendidik kita harus mempunya kebiasaan diri untuk berpikir lambat yang mana kita tidak terburu-buru memberi keputusan dan saya belajar dari 5 kebutuhan manusia yaitu kasih sayang, kekuasaan, kesenangan, kebebasan dan bertahan hidup. selanjutnya yaitu tentang perkembangan manusia secara psikososial, yang mana kita harus tau di setiap tahap perkembangan manusia dan kita harus tau apa yang harus kita lakukan ketika berhadapan dengan siswa yang mempunyai kerja otak yang berbeda-beda. materi berikutnya yaitu tentang nilai dan peran guru penggerak yang mesti dimiliki oleh seorang guru penggerak. berikut perbedaan pembelajaran dulu dan sekarang :

Dulu :

Pembelajaran bersifat kepada guru Guru sebagai sumber informasi Mengedepankan penilaian ranah kognitif Jarang berkolaborasi dengan rekan sejawat Pembelajaran mengedepankan persaingan siswa

Sekarang :

Pembelajaran berpusat pada murit Informasi di dapat dari berbagai sumber Mengedepankan berbagai ranah penilaian  Selalu berkolaborasi dengan rekan sejawat  Pembelajaran yang bersifat kolaboratif dan inovatif

4. Penerapan

Alhamdulillah dengan selesainya modul 1.1 dan modul 1.2 semakin bersemangat untuk terus belajar memahami dan memaknai modul selanjutnya, namun demikian tidak merupakan pembelajaran yang telah dilaksanakan pada modul sebelumnya, Penerapan ke depan :

 

Berpihak pada murit

Seorang GP mampu menciptakan lingkungan belajar yang asyik, nyaman dan menyenangkan serta memperhatikan kepentingan murid dan mampu mengembangkan potensinya, berkesempatan untuk berpendapat dan guru hanya mengarahkan saja sesuai dengan kodratnya

Inovatif

Membuat media pembelajaran yang inovatif yang diharapkan dapat menarik perhatian dan antusias siswa dalam belajar

Kolaboratif

Mengadakan forum KKG kecil dan sharing pengalaman dengan teman sejawat sehingga dapat dapat menambah pengetahuan dan pengalaman yang baru untuk kepentingan bersama yang bertujuan untuk menciptakan pembelajaran yang berpihak

Mandiri

Setelah menjadi CGP saya akan selalu, saya akan selalu menikuti perkembangan zaman dengan berbagai macam pelatihan untuk mengembangkan diri

Reflektif

Secara berkesinambungan melakukan refleksi diri setelah selesai pembelajaran, agar kedepannya proses pembelajaran yang di dapat oleh siswa terus terupdate dan bisa diperbaiki setiap waktu, dalah satu dengan cara testimoni kepada siswa, melakukan evaluasi diri dan mengisi angket tentang kepuasan belajar yang sudah didapat 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post