Zainul Abidin

Pengajar yang masih mencari jati diri...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pasar Sor Greng
Wisata kuliner di bawah pohon bambu

Pasar Sor Greng

Tantangan hari ke-12

#TantanganGurusiana

Semangat mengikuti tantangan menulis harus tetap terjaga, konsistensi mencari ide guna memenuhi syarat memperoleh label biru tak boleh padam dan hari ini Minggu (16/2/2020) aktifitas pagiku kurubah menjadi sebongkah kata-kata untuk mengisi akun gurusiana.id yang aku punya.

Bersepeda pagi hari dari rumah ke alon-alon bersama istri dan 2 anak saya pagi ini bisa menjadi kegiatan rekreasi yang murah meriah. Area Car Free Day (CFD) cukup bisa menjadi hiburan keluarga. Menikmati udara pagi di alon-alon yang bebas dari asap kendaraan bermotor sambil melihat lalu lalang orang yang sedang jalan pagi menjadi kenikmatan tersendiri. Sehabis jalan-jalan mengelilingi alon-alon saya bersama anak dan istri melanjutkan bersepeda ke Pasar Sor Greng.

Pasar Sor Greng adalah suatu wisata kuliner yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Letak Pasar Sor Greng di kelurahan Ledok Wetan kecamatan Bojonegoro, kurang lebih 500m dari pusat kota Sor berasal dari kata ngisor (di bawah) sedangkan Greng mempunyai arti pohon bambu. Jadi Pasar Sor Greng adalah pasar yang terletak di bawah pohon bambu.

Kreativitas warga sekitar tumbuhan bambu mampu menyulap lokasi yang biasanya identik dengan kumuh, kotor, dedaunan bambu yang berserakan menjadi tempat wisata kuliner yang bersih, indah dan nyaman. Setiap Minggu pagi Pasar Sor Greng dipadati pengunjung guna mencari sarapan pagi dengan masakan khas pedesaan. Umumnya masyarakat yang habis olahraga di area CFD akan menuju ke Pasar Sor Greng ini.

Ada beberapa keunikan dari Pasar Sor Greng ini yaitu

Tempatnya ada di bawah pohon bambu

Lokasi berada di pinggir aliran sungai Bengawan Solo

Penjualnya berpakaian adat Jawa yaitu baju lerek-lerek coklat hitam

Pembelian makanan harus pakai koin berbahan akrilik dengan nilai rupiah 10000, 4000, 2000.

Menu makanan yang disajikan adalah khas desa seperti sambel cemeding, pecel, lontong sayur, bubur dan lain-lain.

Itulah wisata pagi saya bersama keluarga di hari Minggu yang cerah ini. Bagi anda yang kebetulan asli Bojonegoro dan lagi mudik atau anda yang kebetulan sedang berada di Kabupaten Bojonegoro silahkan luangkan waktu untuk sarapan di Pasar Sor Greng, ingat Pasar ini hanya buka dihari Minggu mulai jam 06.00 sampai 12.00.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post