Zakiah,SS

Zakiah, SS, mengajar di MTsN 3. Lima Puluh Kota...

Selengkapnya
Navigasi Web

jurnal tantangan hari ke 2

Jurnal Tantangan 14 hari Zona 3

Hari ke-2

1. Daftar Rencana stimulasi selama 14 hari

Nama Ananda: Fathimah Humairah

Usia Anak : 6, 5 tahun

Perkembangan

Aktivitas

Waktu

1. Sosial

Komitmen dan yang sudah dilatih

31 Mei 2023

2. Emosi

Bermain Bersama kakak

2 mei 2023

3. Emosi

4. Sensorik

5. Sensorik

6. Kemampuan Bahasa

7. Kemampuan Bahasa

8. Motoric/kinestetik

9. Motoric/kinestetik

10. Kognitif/rasio

11. Kognitif/rasio

12. Social

13. Emosi

14. Emosi

2. Ceritakan aktivitas stimulasi yang dijalankan pada hari tersebut.

Fathimah umur 6,5 tahun anak bungsu dari lima bersaudara. Jarak umur dari abang di atasnya 11 tahun. Fathimah lahir dan besar saat kakak dan abangnya sudah sekolah di pondok dan kuliah. Jadi hanya dia yang tinggal di rumah Bersama abi dan ummi. Saat libur sekolah/kuliah kakak dan abangnya pulang.

Saat mendapatkan materi perkembangan anak yang mengatakan bahwa tumbuh kembang anak umur 0-7 tahun, emosinya adalah 50%. Itu artinya stimulus untuk perkembangan emosi harus ia dapatkan dengan baik agar kelak emosinya jadi stabil dan punya kecerdasan emosi yang baik.

Dengan kondisi di rumah yang tinggal sendiri, Fathimah jadi tidak merasakan berbagai jenis emosi. Dia tidak pernah merasakan berebut mainan atau makanan dengan saudaranya. Tidak ada kamus mengalah dalam kesehariannya, dia juga jarang marah dan terkejut. Seringnya dia merasakan Bahagia, sesekali sedih karena tidak ada teman bermain. Dia juga jarang merasakan jijik karena di rumah tidak ada yang terlihat kotor dan jorok. Akibatnya Fathimah agak sedikit mudah kesal kalau ada yang mentertawakannya. Dia juga mudah menangis jika ada yang usil dan tidak mau menurutkan keinginannya. Kalau ada sepupunya atau ada teman bermain yang lain dia ingin menguasai permainan. Dia ingin orang lain menurutkan keinginannya jika tidak dia malah memusuhi dan tidak mau lagi bermain dengan tersebut.

Ummi menyadari hal ini dan ingin melatih serta memberikan stimulus agar emosi Fathimah berkembang dengan baik dan cerdas emosi. Sebenarnya Fathimah suka berbagi tapi kadang diam atau berbagi karena ingin mengambil simpati orang lain, agar orang mau main dengannya. Ummi tidak tahu apakah emosi seperti ini wajar atau malah wajib diwaspadai agar tidak menjadi watak dan karakter setelah dia besar nanti.

Maka sore ini kami membuat kartu/ gambar emoji atau 6 dasar emosi manusia yaitu gembira, jijik, marah, terkejut, takut dan sedih. Abi yang membuat gambarnya, ummi dan Fathimah yang mewarnai. Fathimah juga yang akhirnya menggunting gambar tersebut lalu menempelkannya di dalam buku tulis.

“Kapan Fathimah merasa senang? Tanya Ummi

“ Saat main dengan teman di sekolah!’ jawabnya gembira.

“ Saat abang dan kakak pulang Immah senang juga?” tanya Ummi.

“Iya, tapi kalua kakak mentertawakan Immah saat Immah baca iqra, Immah jadi sedih!” jawabnya.

“Kapan Immah jadi terkejut?”

“Saat ada teman yang mengagetkan Immah Ketika Main!’

“Kapan Immah merasa jijik?”

“Kalau ada tahi ayam dilantai!” jawabnya

“Immah pernah merasa takut?”

“Iya, Mi kalua tidak ada yang menemani Immah ke WC, terus kalua da anjing galak juga!” jawabnya.

Nah, Immah gak usah sedih jika ditertawakan kakak atau teman ya, karena kakak itu saying sama Immah. Kalau ada teman di sekolah yang suka mengejek dan mentertawakan, Immah sabar dan jangan terpengaruh ya. Kalau kita mudah marah dan menangis, nanti orang semakin suka iseng dan mengganggu kita.

“Iya, Mi jawabnya.

3. Tuliskan hasil observasi stimulasi yang dijalankan

Dari emoji yang dibuat Fathimah lebih paham tentang emosi dan bagaimana mensikapinya. Semoga dia semakin cerdas dalam mengelola emosi.

4. Lengkapi dengan dokumentasi (foto/video)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post