Zakiah,SS

Zakiah, SS, mengajar di MTsN 3. Lima Puluh Kota...

Selengkapnya
Navigasi Web

Kita Bisa Tertib di Negeri Orang (Catatan Rest Area Malaysia)

Kita Bisa Tertib di Negeri Orang (Catatan Rest Area Malaysia) Oleh: Zakiah, SS Perjalanan dari Thailand menuju Kuala Lumpur ditempuh lebih kurang 10 jam dengan bus lewati jalan tol. Untuk makan siang kami berhenti di rest area. Ada banyak toko makanan yang bisa dipilih sesuai rekomendasi dari guide kami. Setelah memilih menu sesuai selera kami pun makan di meja yang sudah disediakan. Ummi memilih nasi tandas (nasi putih) dengan lauk ikan goreng dan sayur toge. Fathimah, kakak dan abi memilih nasi goreng. Fathimah tentu suka dengan ayam goreng Upin Ipin plus mie goreng. Untuk minum kemasan diambil pada toko yang berbeda. Sedang asyik menikmati makan ummi melihat dua orang perempuan berdiri dekat sebuah tempat seperti box cuci piring. Terlihat ada bacaan: Kepada pelanggan budiman Sila pulangkan pinggan, cawan dan sudu di pusat pengumpulan yang disediakan Lalu ada lagi keterangan pada masing masing bagian: Sudu dan garpu kotor, Cawan, pinggan, sisa makanan. "O, selesai makan kita letakkan sendiri wadah makan ini ke tempatnya Bi!" kata ummi. Selesai makan ummi kumpulkan piring abi, kakak dan Fathimah lalu menuju tempat penyimpanan tersebut. Untuk sisa makanan juga disediakan wadah yang sudah dilapisi plastik. Artinya penjual nasi tinggal mencuci piring yang sudah bersih dari sisa juga cawan atau gelas yang sudah terpisah dari piring. Artinya cawan tak akan kena minyak bekas sambal atau kari/gulai. Semua pelanggan melakukan hal serupa, tak ada yang protes dan tak ada juga membangkang dengan meninggalkan wadah makan nya di atas meja. Ajaib, kita bisa patuh dan tertib dinegeri orang tapi tidak untuk negeri sendiri. Di sini kita juga menemukan tandas atau wc yang bersih dan bebas bau. Tersedia juga fasilitas untuk disabilitas dan anak-anak. Ada wastafel yang kecil dan posisinya lebih rendah, terjangkau oleh anak-anak. Tak terlihat tisu dan bungkus pembalut yang berserakan seperti kita di Indonesia. Iri kita melihat orang kenapa mereka bisa tertib dan bersih. Berapa lama dibutuhkan waktu untuk merubah pola hidup seperti itu? Kita coba cari jawabannya, yang penting mulai sekarang dan mulai dari diri sendiri O, ya satu hal yang membuat ummi ngiler sangat jika berhenti di R& R (Rehat dan Restoran) atau rest area adanya beragam buah yang menggiurkan dan segar semua, he he.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post