zarmis,S.Ag

Zarmis seorang guru pendidikan agama Islam di SMPN 4 VII Koto Sungai Sarikkabupaten padang pariaman.hobby menulis dan membaca.mempunyai 2 orang gadis cantik dan...

Selengkapnya
Navigasi Web

Gerhana Matahari tagur 75

Gerhana Matahari

Gerhana Matahari merupakan fenomena alam yang terjadi , yang mengakibatkan bumi terhalang cahaya matahari menyinari bumi..Gerhana matahari cincin akan segera kembali hadir menghiasi langit indonesia pada tanggal 21 juni 2020.

Menurut catatan pusat sains antariksa nasional, gerhana matahari cincin dapat diamati di beberapa langit Indonesia.

Wilayah yang tidak dapat melihat adalah sebagian besar wilayah jawa dan sebagian kecil wilayah sumatera bagian selatan.Sementara fase bulan baru terletak pada posisi bumi yang sama dengan matahari. Maka kemungkinan tidak akan terlihat di langit malam.

Oleh sebab itu, maka umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunat gerhana atau shalat sunat kusuf.Yang pelaksanaannya diawali niat dan hingga salam dan dilanjutkan dengan khutbah yang lebih menekankan kepada para jemaah yang berisikan anjuran untuk berzikir, berdoa, beristighfar dan bersedeqah.

Durasi gerhana dan lama waktunya juga bervariasi dari satu kota ke kota lainnya. Dan menurut BMKG, gerhana matahari di Indonesia hanya terjadi sekitar 20 persen parsial. Wilayah Sumatera Barat puncak gerhana pukul 14.54 WIB. Yang akan melewati 432 pusat kota dan kabupaten di 31 provinsi berupa gerhana matahari sebagian. Dan ada 83 pusat kota yang tidak dilalui karena nilai magnetudo gerhananya kurang dari 0.

Mudahan fenomena alam ini mmenjadikan kita bisa selalu ingat kepada Allah SWT, apalagi sekarang kita dalam kondisi wabah pandemi covid 19.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post