Zarsiati Zar

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

PJJ, Sebuah Tantangan Berujung Karya

 

Tantangan Menulis Hari Ke-88

Covid-19  masih mewabah di negara kita sehingga  dampak masih dirasakan  di berbagi askpek kehidupan. Dalam bidang pendidikan, pembelajaran pada tahun pelajaran 2020/2021  belum dapat dilaksanakan secara serempak, hanya beberapa kota /kabupaten yang berzona hijau yang melaksanakan pembelajaran tatap muka. Pada Wilayah selain zona hijau, pembelajaran dilaksanakan dengan metode  pembelajaran jarak jauh (PJJ)  dan ada  yang dilaksanakan dengan blended learning ( pembelajaran  campuran antara pembelajaran tatap muka dan PJJ).

 

Untuk dapat beradaptasi dengan kondisi wilayah yang menerapkan pembelajaran jarak jauh, pendidik dituntut untuk mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang mudah dicerna dan  mudah diakses oleh peserta didik. Berbagai program diadakan di sekolah, seperti workshop dan IHT baik daring / luring (dengan protokol kesehatan )untuk membekali peserta didik dengan  TIK dan metode pembelajaran jarak jauh. Salah satu contoh workshop adalah workshop di sekolah tempat saya mengajar.

 

Workshop dilaksanakan dua hari dengan tema persiapan pembelajaran jarak jauh, Pendidik diharapkan mampu menyiapkan bahan ajar dan perlengkapannya melalui  aplikasi pembelajaran jarak jauh. Fitur yang ada lengkap dan tidak rumit untuk diikuti dalam menyiapkan PJJ.  Persiapan yang dilakukan antara lain menyiapkan materi ajar baik dalam bentuk file ( word document, excelt worksheet, PPT) dan   video interaktif yang akan diunggah ke you tube. Kegiatan ini, bagi pendidik yang belum terbiasa dengan pembuatan video dan belum punya akun you tube ( seperti saya) akan mengalami proses yang cukup melelahkan dan menyita waktu. Pada realitanya ketika giliran bekerja dari rumah,  bisa dikatakan waktu yang digunakan bisa melebihi dari waktu kerja di sekolah alias nglembur hingga tengah malam dan berhari-hari,  Di sisi lain, pendidik merasakan ada tantangan untuk menghasilkan karya yang mungkin tidak akan dimiliki  kalau tidak ada pandemi.  Belajar dari pandemi.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ulasannya sangat keren ibu cantik, bermanfaat dan sangat menarik.. Sukses ya bu.. Salam santun

20 Jul
Balas

Keren ulasan nya Bu, semoga ilmunya berkah dan bermanfaat.

19 Jul
Balas

maksih pak motivasinya , jurus last time he he

19 Jul



search

New Post