Zarsiati Zar

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Tindakan Reflektif, Suatu Keharusan Bukan Pilihan ( part 2, selesai)

Tantangan menulis Hari Ke-78

Refleksi bertujuan untuk menganalisis keberhasilan belajar baik proses maupun hasil belajar; mengevaluasi diri terhadap proses belajar yang telah dilaksanakan, mengidentifikasi hal-hal yang menjadi penyebab kegagalan dan keberhasilan; merancang upaya optimalisai proses dan hasil belajar, dan untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran.

Refkeksi Pembelajaran dapat dilaksanakan dengan berbagai cara baik secara pribadi maupun berkolaborasi dengan teman sejawat. Ada beberapa tahap, yaitu :

1. Tahap 1 refleksi diri (self refllection)

Tahap ini adalah evaluasi diri pada saat pembalajaran.. Kegiatan ini bisa distimulasi

melalui pengamatan dari rekan sejawat.

2. Tahap 2 refleksi pengalaman

Kegiatan tahap dua adalah guru mengumpulkan pengalaman –pengalaman yang

terjadi selama pembelajaran

3. Tahap 3 reviu dan respon terhadap pengalaman

Pengalam –pengalaman ditinjau kembali selanjutnya guru memeberikan tanggapan

Kritis pada dirinya.

Tahapan di atas dilakukan melalui beberapa tehnik, diantaranya :

1. Pengamatan teman sejawat (Peer observation)

Guru saling bekerja sama melakukan pengamatan proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas. Kegiatan meliputi kegiatan sebelum observasi, observasi, dan sesudah observasi. Pada kegiatan sebelum observasi, guru dapat saling menceritakan kondisi dan karakteristik siswa, permasalahan yang sering muncul, , dan sasaran yang akan diobservasi. Selanjutnya, guru dapat berdiskusi hasil temuan serta kemungkinan pemecahan masalah yang dapat dilakukan dalam menaggulangi masalah pembelajaran.

2. Laporan diri (Self Report)

Guru dapat melakukan self report dengan menggunakan daftar checklist. Self report bisa mengungkapkan sejauh mana tujuan pembelajaran tercapai dan apakah sintak pembelajaran berjalan sesuai dengan yang direncanakan atau kurang sesuai .

3. Menulis Jurnal ( jurnal writing )

Selama proses pembelajaran guru melakukan pencatatan apa yang terjadi di kelas sehingga tersedia rekaman pengalaman belajar yang signifikan.

4. Rekaman Proses Pembelajaran (Recording lesson )

Guru dapat melakukan rekaman proses pembelajaran.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap infonya untuk perbaikan ke depan ya bu

08 Jul
Balas

Terimakasih , Bu. Latihan sebisanya

11 Jul

Keren bund

08 Jul
Balas

Terimakasi, Bu, Salam santun

11 Jul

makin inspiratif, doaku untuk teman gurusianer, semoga makin sukses

08 Jul
Balas

Terimakasih , Pak , menapakbelajar

11 Jul

Terima kasih telah berbagi...

08 Jul
Balas

Sami , Bun. Belajar , Bund

11 Jul



search

New Post