3.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.
Pada tahapan ini CGP akan mencoba membuat rencana perubahan terkait dengan program/kegiatan yang ingin CGP terapkan yaitu “ Kejar “ ( Kreatifitas Pelajar). CGP dapat memilih apakah kegiatan atau program yang ingin dirancang adalah kegiatan atau program intrakurikuler, ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler Kegiatan “ Kejar “ merupakan kegiatan ko-kurikuler yang akan CGP terapkan. Hal terpenting adalah saat merancang kegiatan tersebut, CGP harus menggambarkan bagaimana suara, pilihan, kepemilikan murid akan didorong, serta mengembangkan satu atau lebih karakteristik lingkungan yang akan mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid tersebut.
Landasan Filosopis Ki Hadjar Dewantara
Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat).
POIN KOMPONEN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN
Gotong royong, Kreatif dan mandiri. Menumbuh kembangkan kepemimpinan murid akan mendorong murid untuk mengembangkan berbagai sikap- sikap positif yang merupakan penerapan dari sikap gotong royong, kreatif dan mandiri murid.
Gotong royong. Kepemimpinan murid memungkinkan murid untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain, bekerja sama dan berkontribusi dalam masyarakat yang lebih luas.
Mandiri.Menumbuh kembangkan kepemimpinan murid mendorong murid untuk mengambil kontrol dan bertanggung jawab pada proses pembelajarannya sendiri.
mendorong kepemimpinan murid, juga melatih kemampuan mereka untuk meregulasi diri sendiri agar dapat menetapkan tujuan dan rencana strategis bagi pengembangan dirinya sendiri.
Kreatif. Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid memungkinkan murid untuk terekspos pada pengalaman belajar otentik yang menuntut mereka untuk mampu melihat permasalahan dan secara kreatif berusaha mencari solusi atas permasalahan tersebut. Mendorong murid untuk bersuara berarti juga membuka ruang bagi sikap berani mengambil risiko, sehingga murid tidak takut untuk mengungkapkan ide-ide dan pemikiran-pemikiran kreatif mereka
KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN
Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinterkasi social secara positif, arif dan bijaksana, dimana murid akan menjunjung tinggi nilai- nilai social positif yang berbasis pada nilai- nilai kebajikan yang dibangun oleh sekolah.
PRAKARSA PERUBAHAN
Menguatkan rasa peduli lingkungan dan interaksi social antara murid dan lingkungannya secara arif dan bijaksana melalui kegiatan " KEJAR ( Kreatifitas Pelajar )“ dalam Memperingati Hari Sampah Sedunia.
TAHAPAN
PERTANYAAN
TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN /KEPEMILIKAN MURID
ASET/KEKUATAN /SUMBERDAYA YANG DAPAT DI BERDAYAKAN PADA TAHAP INI
WAKTU YANG DIPERLUKAN
PENANGGUNG JAWAB TAHAP INI
B-uat Pertanyaan utama
Bagaimana cara menggali, menyalurkan dan mengembangkan ide dan kreatifitas murid dalam rangka mengikutik kegiatan lomba sekaligus mengembangkan kepemimpinan murid?
Mengajak diskusi murid tentang ha-hal yang diperlukan dan disiapkan untuk kegiatan lomba
Melihat aset manusia yang di miliki oleh sekolah
Melihat asset lingkungan / Alam yang dimiliki sekolah
Berdiskusi dengan murid tentang tindakan apa yang bisa dilakukan untuk mengikuti lomba fashion tema kostum dari sampah/ barang bekas
Modal manusia (murid, CGP)
Modal lingkungan / Alam ( sampah / barang bekas )
1 hari
Guru ( wali kelas )
CGP
A-mbil Pelajaran
Aktivitas apa yang dapat dijadikan kostum dengan barang bekas yang tersedia ?
Mana kebijakan sekolah yang telah mendukung pemanfaatan sampah dan barang bekas ?
Observasi kegiatan mengamati sampah dan barang bekas di sekitas sekolah .
Memberikan pertanyaan- pertanyaan terbuka untuk menggali ide dan kreatifitas murid
Melakukan curah pendapat bersama murid mengenai ide kostum dari sampah jenis apa
Melakukan curah pendapat mengenai model kostum seperti apa yang akan dibuat
Modal manusia (murid, guru)
1hari
CGP
G-ali Mimpi
Bagaimana perasaan kami dapat mengikuti lomba dan memenangkan lomba tersebut?
Apa hal atau sumber daya yang dibayangkan akan tersedia untuk mempertahankan kegiatan lomba fashion tema kostum dari sampah atau barang bekas?
Mengajak rekan guru dan murid untuk membuat daftar harapan dan evaluasi mengenai perubahan yang terjadi sebelum dan setelah kegiatan lomba fashion tema kostum dari sampah dan barang bekas.
Mengikuti kegiatan lomba di luar sekolah dengan menampilkan kostum-kostum yang telah di peragakan.
Melakukan sesi berbagi bersama murid yang mengikuti latihan untuk saling melengkapi daftar harapan dan evaluasi dari terlaksananya kegiatan lomba fashion tema kostum dari sampah atau barang bekas ini.
Modal manusia (murid dan guru)
1 hari
CGP
J-abarkan rencana
Apa langkah paling sederhana yang bisa dilakukan?
Apa tindakan/Usaha yang mendukung murid untuk kreatif dan bergotong royong dalam mengikuti kegiatan ini?
Bagaimana mengukur kemajuan dan melanjutkan tindakan?
Mendiskusikan rancangan seperti tim pencari bahan untuk kostum, tim perancang / pembuat kostum, dan tim peraga kostum
Mendata kesiapan setiap tim
Membuat catatan perkembangan dan evaluasi kegiatan setiap tim
Mendiskusikan jadwal dan teknis pelaksanaan kegiatan lomba fashion
Modal manusia (murid, guru)
Modal lingkungan / Alam
Modal social (Gotong royong warga kelas)
1 hari
CGP
A-tur Eksekusi
Siapa saja yang saya libatkan dalam mewujudkan kegiatan ini?
Siapa yang bertanggung jawab memonitor agar kegiatan lomba fashion tema kostum dari sampah dan barang bekas ini terlaksana ?
Mengkoordinasikan pembagian tugas dalam setiap tim
Modal manusia (murid, guru)
1 hari
Mengkoordinasikan pembagian tugas tim peraga untuk melaksanakn tugasnya pada jadwal pelaksanaan lomba kegiatan fashion tema kostum dari sampah / barang bekas dalam rangka memperingati hari sampah sedunia
Modal manusia (murid, Guru, Rekan guru, dan kepala sekolah)
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar
Subhanalloh...
Mantap