Zulaika Ramli

Zulaika Ramli mempunyai nama lengkap Zulaika Siti Astati anak dari pasangan ayah Ramli dan ibu Sarifah. Zulaika dilahirkan di suatu desa Talang Pengeran Ogan Il...

Selengkapnya
Navigasi Web
3.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3

3.3.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.3

Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA.

Pada tahapan ini CGP akan mencoba membuat rencana perubahan terkait dengan program/kegiatan yang ingin CGP terapkan yaitu Kejar ( Kreatifitas Pelajar). CGP dapat memilih apakah kegiatan atau program yang ingin dirancang adalah kegiatan atau program intrakurikuler, ekstrakurikuler, atau ko-kurikuler Kegiatan “ Kejar “ merupakan kegiatan ko-kurikuler yang akan CGP terapkan. Hal terpenting adalah saat merancang kegiatan tersebut, CGP harus menggambarkan bagaimana suara, pilihan, kepemilikan murid akan didorong, serta mengembangkan satu atau lebih karakteristik lingkungan yang akan mendukung tumbuhkembangnya kepemimpinan murid tersebut.

Landasan Filosopis Ki Hadjar Dewantara

Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat).

POIN KOMPONEN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN

Gotong royong, Kreatif dan mandiri. Menumbuh kembangkan kepemimpinan murid akan mendorong murid untuk mengembangkan berbagai sikap- sikap positif yang merupakan penerapan dari sikap gotong royong, kreatif dan mandiri murid.

Gotong royong. Kepemimpinan murid memungkinkan murid untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain, bekerja sama dan berkontribusi dalam masyarakat yang lebih luas.

Mandiri.Menumbuh kembangkan kepemimpinan murid mendorong murid untuk mengambil kontrol dan bertanggung jawab pada proses pembelajarannya sendiri.

mendorong kepemimpinan murid, juga melatih kemampuan mereka untuk meregulasi diri sendiri agar dapat menetapkan tujuan dan rencana strategis bagi pengembangan dirinya sendiri.

Kreatif. Menumbuhkembangkan kepemimpinan murid memungkinkan murid untuk terekspos pada pengalaman belajar otentik yang menuntut mereka untuk mampu melihat permasalahan dan secara kreatif berusaha mencari solusi atas permasalahan tersebut. Mendorong murid untuk bersuara berarti juga membuka ruang bagi sikap berani mengambil risiko, sehingga murid tidak takut untuk mengungkapkan ide-ide dan pemikiran-pemikiran kreatif mereka

KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN

Lingkungan yang mengembangkan keterampilan berinterkasi social secara positif, arif dan bijaksana, dimana murid akan menjunjung tinggi nilai- nilai social positif yang berbasis pada nilai- nilai kebajikan yang dibangun oleh sekolah.

PRAKARSA PERUBAHAN

Menguatkan rasa peduli lingkungan dan interaksi social antara murid dan lingkungannya secara arif dan bijaksana melalui kegiatan " KEJAR ( Kreatifitas Pelajar )“ dalam Memperingati Hari Sampah Sedunia.

TAHAPAN

PERTANYAAN

TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN

RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN /KEPEMILIKAN MURID

ASET/KEKUATAN /SUMBERDAYA YANG DAPAT DI BERDAYAKAN PADA TAHAP INI

WAKTU YANG DIPERLUKAN

PENANGGUNG JAWAB TAHAP INI

B-uat Pertanyaan utama

Bagaimana cara menggali, menyalurkan dan mengembangkan ide dan kreatifitas murid dalam rangka mengikutik kegiatan lomba sekaligus mengembangkan kepemimpinan murid?

Mengajak diskusi murid tentang ha-hal yang diperlukan dan disiapkan untuk kegiatan lomba

Melihat aset manusia yang di miliki oleh sekolah

Melihat asset lingkungan / Alam yang dimiliki sekolah

Berdiskusi dengan murid tentang tindakan apa yang bisa dilakukan untuk mengikuti lomba fashion tema kostum dari sampah/ barang bekas

Modal manusia (murid, CGP)

Modal lingkungan / Alam ( sampah / barang bekas )

1 hari

Guru ( wali kelas )

CGP

A-mbil Pelajaran

Aktivitas apa yang dapat dijadikan kostum dengan barang bekas yang tersedia ?

Mana kebijakan sekolah yang telah mendukung pemanfaatan sampah dan barang bekas ?

Observasi kegiatan mengamati sampah dan barang bekas di sekitas sekolah .

Memberikan pertanyaan- pertanyaan terbuka untuk menggali ide dan kreatifitas murid

Melakukan curah pendapat bersama murid mengenai ide kostum dari sampah jenis apa

Melakukan curah pendapat mengenai model kostum seperti apa yang akan dibuat

Modal manusia (murid, guru)

1hari

CGP

G-ali Mimpi

Bagaimana perasaan kami dapat mengikuti lomba dan memenangkan lomba tersebut?

Apa hal atau sumber daya yang dibayangkan akan tersedia untuk mempertahankan kegiatan lomba fashion tema kostum dari sampah atau barang bekas?

Mengajak rekan guru dan murid untuk membuat daftar harapan dan evaluasi mengenai perubahan yang terjadi sebelum dan setelah kegiatan lomba fashion tema kostum dari sampah dan barang bekas.

Mengikuti kegiatan lomba di luar sekolah dengan menampilkan kostum-kostum yang telah di peragakan.

Melakukan sesi berbagi bersama murid yang mengikuti latihan untuk saling melengkapi daftar harapan dan evaluasi dari terlaksananya kegiatan lomba fashion tema kostum dari sampah atau barang bekas ini.

Modal manusia (murid dan guru)

1 hari

CGP

J-abarkan rencana

Apa langkah paling sederhana yang bisa dilakukan?

Apa tindakan/Usaha yang mendukung murid untuk kreatif dan bergotong royong dalam mengikuti kegiatan ini?

Bagaimana mengukur kemajuan dan melanjutkan tindakan?

Mendiskusikan rancangan seperti tim pencari bahan untuk kostum, tim perancang / pembuat kostum, dan tim peraga kostum

Mendata kesiapan setiap tim

Membuat catatan perkembangan dan evaluasi kegiatan setiap tim

Mendiskusikan jadwal dan teknis pelaksanaan kegiatan lomba fashion

Modal manusia (murid, guru)

Modal lingkungan / Alam

Modal social (Gotong royong warga kelas)

1 hari

CGP

A-tur Eksekusi

Siapa saja yang saya libatkan dalam mewujudkan kegiatan ini?

Siapa yang bertanggung jawab memonitor agar kegiatan lomba fashion tema kostum dari sampah dan barang bekas ini terlaksana ?

Mengkoordinasikan pembagian tugas dalam setiap tim

Modal manusia (murid, guru)

1 hari

Mengkoordinasikan pembagian tugas tim peraga untuk melaksanakn tugasnya pada jadwal pelaksanaan lomba kegiatan fashion tema kostum dari sampah / barang bekas dalam rangka memperingati hari sampah sedunia

Modal manusia (murid, Guru, Rekan guru, dan kepala sekolah)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Subhanalloh...

28 May
Balas



search

New Post