Zulfadhliyah, S.Ag, MA

GURU SMPN 5 BUKITTINGGI SUMBAR...

Selengkapnya
Navigasi Web
GURU HARUS MENULIS

GURU HARUS MENULIS

(Tantangan Gurusiana.Hari ke-20)

Sungguh tidak ada alasan bagi guru untuk tidak bisa menulis. Apakah alasan tidak punya ide, tidak hobbi menulis ataupun karena tidak ada waktu /kesibukan mengajar. Sebenarnya semua alasan tersebut bisa diatasi dengan cara segra memulai untuk menulis dari sekarang. Selagi belum ada niat dan belum mau untuk mencoba memulai menulis maka hambatan atau alasan tersebut akan selalu terhampar dalam fikiran. Banyak hal yang bisa ditulis oleh guru. Kesibukan mengajar keseharian akan dapat dituangkan dalam tulisan. Apa yang dirasakan, apa yang dilakukan dan apa yang ditemukan dapat dituangkan dalam sebuah tulisan. Mungkin ditemui rendahnya motivasi belajar siswa dengan segala faktor penyebabnya, tentang model-model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran dengan kelebihan dan kekurangannya ataupun tentang pelaku pendidikan lainnya yang ikut terkait membantu proses pendidikan itu sendiri.

Kemampuan seorang guru untuk menulis karya ilmiyah menjadi tuntunan di era sekarang ini. Betapa tidak. Menurut Permenegpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya disyaratkan bagi seorang guru yang usul kenaikan pangkat dari golongan III.b wajib ada unsur publikasi ilmiah. Dengan peraturan ini mau tidak mau seorang guru harus mengembangkan potensinya guna membangun kepiawaian membuat karya tulis ilmiah.

Selain tuntunan untuk pengembangan diri, menulis juga akan mendapatkan manfaat yang lain. Diantaranya : 1) Memperluas wawasan karena seorang penulis harus banyak membaca, 2) Menyegarkan otak dan bahkan dapat memperlambat kepikunan, karena ide-ide selalu tersalurkan dalam tulisan dan otak selalu diaktifkan, 3) Melatih untuk berbahasa Indonesia yang baik, karena apapun yang ditulis dengan sendirinya juga dilatih untuk menggunakan bahasa yang baik, 4) Dapat mengisi waktu kosong dengan menulis hal yang bermanfaat, 5) Menjadi motivator bagi peserta didik untuk juga bisa menjadi seorang penulis yang baik, 6)Dapat mengangkat harkat dan martabat, karena sudah menulis banyak hal positif yang dapat dibaca oleh banyak orang.

“Bukittinggi, 20 September 2020”

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantul, semoga menjadi motivasi untuk menulis

25 Sep
Balas

Betul sekali bu, semangat menulis

20 Sep
Balas

Semoga semangat menulis terus bertahan, bahkan makin membesar dan berkembang. Semangat berliterasi, semoga sukses selaliu. Amin.

20 Sep
Balas

Terima kasih pak

20 Sep



search

New Post