Zulfadhliyah, S.Ag, MA

GURU SMPN 5 BUKITTINGGI SUMBAR...

Selengkapnya
Navigasi Web
HINDARI KEBIASAAN BERHUTANG

HINDARI KEBIASAAN BERHUTANG

(Tantangan Gurusiana. Hari ke 30)

Ada bermacam alasan kenapa orang berhutang. Mungkin karena hobi, mungkin karena gaya hidup atau mungkin benar-benar karena kebutuhan yang mendesak.

Berhutang di awalnya memang enak, tapi akhirya akan diselimuti dengan kegelisan yang berkepanjangan selagi hutang belum terbayar. Sebagai seorang muslim biasakanlah untuk hidup sederhana/qanaah dan tidak berlebih-lebihan. Hidup sederhana merupakan suatu solusi untuk tidak berhutang. Dan sebagai tanda bersyukur atas rezki yang telah diberikan Allah.

Walaupun hukum asal dari berhutang tersebut boleh, namun jika tidak melalui aturan dalam berhutang akan mendatangkan banyak permasalahan/akibatnya:1) Orang yang hobi berhutang suka berdusta dan ingkar janji, karena sudah terlatih berdusta untuk mengelakkan pembayaran utangnya. 2) Hidup tidak akan tenang dan selalu dikejar-kejar hutang, dan bahkan bisa stress. 3).Rasulullah SAW menolak Untuk menshalatkan jenazah seseorang yang diketahui masih meninggalkan hutang sedangkan ia tidak meninggalkan harta untuk membayarnya. 3) Dosa-dosa orang yang berhutang tidak akan diampuni sampai diselesaikan permasalahannya dengan orang yang menghutanginya. 4)Ditahan masuk sugra, meskipun dia memiliki banyak amalan sampai dibayarkan hutangnya.

Begitu besarnya akibat dari perilaku suka berhutang, sengsaranya bukan didunia saja bahkan sampai ke akhirat.

Bukittinggi, 30 September 2020”

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih bu atas peringatannya

01 Oct
Balas

Makasih pencerahannya buk. Izin follow.

24 Jun
Balas

Singkat padat dan manfaat. Terimakasih sudah diingatkan. Kita akan berusaha.menghindarinya. salam literasi Bu. Saya follow nggih

01 Oct
Balas

trimakasih tulisannya bu, pengingat untuk diri....keren ulasannya, salam kenal dan sudah saya follow

09 Nov
Balas

Apalagi kalau utang janji... lebih dasyat akibatnya. Siip,Bu. Salam sukses

01 Oct
Balas



search

New Post