Zulfadhliyah, S.Ag, MA

GURU SMPN 5 BUKITTINGGI SUMBAR...

Selengkapnya
Navigasi Web

SMS (Susah Melihat Orang Senang) (Tantangan Gurusiana. Hari ke-3)

Dalam pergaulan sehari-hari terkadang timbul rasa iri dan tidak senang melihat keberhasilan seseorang.. Baik itu terhadap teman sesama kerja ataupun terhadap tetangga. Perasaan iri tersebut timbul secara tiba-tiba yang membuat hati sakit dan wajah cemberut. Ada tetangga orang kaya, hati jadi gelisah, ada teman yang cantik hati merasa resah, ada teman yang naik jabatan menjadi merinding. Kesemuanya itu menjadi pemikiran bagi si raja iri.

Susah melihat orang senang (SMS) merupakan perilaku yang tidak baik, menandakan hati sakit yang sudah dimasuki syetan. Jika sudah tidak senang melihat orang bahagia dan akhirnya akan dilanjutkan dengan tindakan supaya kebahagiaan orang tersebut pindah kepada kita, dan itulah yang dinamakan dengan dengki. Perilau iri dan dengki sangat berisiko terhadap fisik dan jiwa. Bahkan ada yang sampai jantungan dan koma karena tidak siap menerima informasi terhadap keberhasilan orang lain.

Paling kurang ada tujuh dampak negatif dari perilaku iri: 1) Kebaikannya akan terhapus sebagaimana api membakar kayu bakar. 2)Perasaan selalu gelisah. 3) Selalu merasa kurang. 4)Tidak bersyukur atas nikmat Allah 5)Tidak mau berbangi. 6)Tidak akan masuk surga. 7) Bahkan dijauhi oleh orang banyak.

Dalam ajaran Islam ada dua hal yang boleh kita iri dengannya, yaitu :1) Iri terhadap orang yang kaya, dan kekayaannya tersebut dipergunakan untuk kebaikan. 2) Iri terhadap orang yang taat kepada Allah, sehingga timbul keinginan untuk mencontohnya/ melaksanakan.

Agar kita terhindar dari perilaku iri dan dengki dari ahli dunia, sterilkan hati dengan perilaku qanaah dan bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah.

Bukittinggi, 3 September 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Itu orang yg selalu gelisah dalam hidupnya

05 Sep
Balas

Sebaliknya Senang Melihat orang SusahTeman Syaitan

05 Sep
Balas

Penyakit yg harus dikikis SMS

03 Sep
Balas

Semoga terhindar dari sifat iri. Sukses selalu dan barakallahu fiik

03 Sep
Balas



search

New Post