Zulmasri Kampai

Zulmasri lahir di desa Padang Panjang, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, 11 Januari 1971. Setelah menyelesaikan pendidikan di Universitas Andalas Padang, lalu hi...

Selengkapnya
Navigasi Web
Memaknai Kemenangan

Memaknai Kemenangan

Dalam kegiatan Pesantren Ramadan di sekolah, saya termasuk pengisi kegiatan. Materi yg dipercayakan kepada saya adalah idul fitri.

Terus terang, saya tidak punya referensi banyak tentang idul fitri. pengalaman selama inilah – yg berkaitan dg idul fitri – yg saya terapkan.

Kita tahu, sebenarnya hari raya dalam Islam hanya ada 2: idul fitri dan idul adha. Hari-hari peringatan lain semacam Maulid Nabi, Isra Mikraj dan sebagainya tidak dikenal saat nabi hidup.

Ada makna yg begitu indah bila bicara idul fitri dan idul adha. Kedua hari raya itu selalu ditandai dg kegiatan salat. Lalu mengapa harus salat?

Idul fitri dilakukan setelah puasa Ramadan. Manifestasi sebuah kemenangan melawan hawa nafsu. Sedangkan idul adha juga wujud kemenangan dalam menahan dan melawan godaan setan (waktu nabi Ibrahim mau menyembelih putranya, Ismail).

Tapi mengapa mesti salat?

Inilah indahnya Islam. Kemenangan tidak dirayakan dg hura-hura, jingkrak-jingkrak, apalagi dg minum minuman keras.

Pada saat menang, kita harus ingat pada yg memberi kemenangan. Bersyukur dan berterima kasih pada-Nya. Kontak langsung dengan-Nya, justru pada saat salat.

Demikianlah.Lalu bila mendapat kemenangan atau kesuksesan, adakah Anda merayakan dg salat?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Dalam surat an nashr disebutkan bahwa ketika menyaksikan orang kafir makkah yang kemudian berbondong bondong masuk islam justru perintahnya adalah fasabbih bihamdi robbika wastaghfir, yaitu bertasbih dan memohon ampun.

24 Jun
Balas

Sholat sebagai manifestasi syukur kepada Pencipta. Top pak

24 Jun
Balas

Ya Pak Yudha. Salam

24 Jun

Spontan sujud syukur, Pak. Baru satu dari sekian gerakan sholat. Terima kasih sekali mengevaluasi saya dalam tulisan ini utk menambah kekurangan wujud syukur atas sebuah kemenangan.

24 Jun
Balas

Benar Bu. Minimal yang dilakukan adalah sujud syukur.

24 Jun

Benar Mba safiroh, Pak Zul...biasanya ketika mendapatkan kemenangan/ kesuksesan, spontan sujud syukur ...

24 Jun
Balas

Ya Bu. Itu yang harus selalu kita biasakan, termasuk pada anak-anak ya Bu

24 Jun
Balas



search

New Post