Zumroh

Bismillah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Jurus Joyfull Learning

Jurus Joyfull Learning

JURUS JOYFULL LEARNING

 

Belajar di rumah sepertinya akan berlanjut lama, maka guru harus mempunyai tips dan trik untuk membuat pembelajaran tersebut menjadi menarik dan menyenangkan. Sesuai dengan pidato tips dari Menteri Pendidikan Nadiem Makarim pada upacara hardiknas tahun 2020 secara online yang mengatakan bahwa: guru harus cepat beradaptasi dengan kondisi, jangan setres dan harus memperbaiki diri dengan keluar dari zona nyaman.

Dengan pembelajaran yang menyenangkan (Joyfull Learning) akan membuat pelajaran lebih cepat terserap. Joyfull Learning bukan semata-mata pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk tertawa terbahak-bahak, melainkan sebuah pembelajaran yang di dalamnya terdapat keterikatan yang kuat antara guru dan murid dalam suasana yang sama sekali tidak ada tekanan. Yang ada hanyalah jalinan komunikasi yang saling mendukung.

Oleh sebab itu ada beberapa kiat yang bisa di terapkan untuk belajar melalui online atau Daring supaya pembelajaran menjadi menyenangkan yaitu:

1. Guru jangan setres

Inspirasi datang bila kita tidak tertekan atau setres. Pembelajaran daring memang diluar dugaan kita sebagai guru biasa, kalau guru mata pelajaran multi media atau yang berhubungan dengan computer mungkin sudah terbiasa mengadakan pembelajaran online, tetapi bagi guru mata pelajaran lain, seperti kami contohnya, mengajar produktif di SMK akan berfikir keras untuk menjadikan pembelajaran praktik langsung menjadi online atau daring.  Maka kuasai dulu kondisi diri, berfikir santai, banyak membaca referensi, banyak belajar tentang pembelajaran online dan terbuka akan informasi baru. Dengan begitu kita akan tertantang untuk mencobakannya.

 

2. Serius tapi santai

Tidak ada bedanya  dengan para guru, siswapun mengalami setres. Diawal mereka mungkin merasa senang untuk tidak pergi kesekolah, tetapi setelah seminggu, sebulan, dua bulan mereka merasakan hal yang sama. Maka buat pembelajaran daring menjadi menyenangkan, ceria, gembira, berwarna warni, tetapi tetap menampilkan kaidah dan aturan yang harus dipatuhi Bersama, misalnya ketentuan pelaksanan belajar, ketepatan waktu mengumpulkan tugas, system penilaian dan sebagainya.

 

3. Pilih Waktu yang tepat

Disepakati waktu untuk belajar supaya semua dalam kondisi siap. Misalnya, kalau dihari biasa belajar senin pagi, maka coba di diskusikan tetap mengadakan online pada waktu yang sama. Atau buat kesepakat baru, tetapi waktu yang paling baik memang di pagi hari, karena siswa masih fresh untuk menyerap dan menerima materi. Tidak perlu berlama lama, tetapi cukup untuk memberikan materi, perintah, dan diskusi singkat. Kalau ada yang masih ragu bisa dengan menghubungi guru secara pribadi.

 

4. Adakan games atau Challenge

Siswa tetap butuh hiburan, walaupun interaksi hanya di dunia maya, tetapi mengadakan games atau permainan yang menyangkut tentang pelajaran perlu di selingi diantara materi materi yang di sajikan. Begitu juga dengan challenge atau tantangan yang membuat siswa aktif untuk mengikuti pelajaran. Tentu saja jangan lupa sediakan reward nya, baik berupa fisik (nilai, pulsa, benda, dll)  atau nonfisik seperti pujian dan lain lain.

 

Prinsip pembelajaran yang menyenangkan (Joyfull Learning) adalah apabila siswa senang dengan belajar dan tahu untuk apa dia belajar. Menurut ahli Gordon Dryden bahwa belajar akan efektif jika dilakukan dalam suasana yang menyenangkan. Membuat siswa menyenangi belajar akan mempercepat penyerapan materi yang di berikan.

 

Air Tawar, 5 juni 2020

Hari ke 20 Lagi

#tantangangurusiana

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap tipsnya Bu, terima kasih

07 Jun
Balas

Sama sama pak.. Salam

09 Jun



search

New Post