Zumroh

Bismillah...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kematian

Kematian

Pertanyaan Imam Ghazali Kepada Muridnya

Suatu hari, Imam Al Ghozali berkumpul dengan murid-muridnya. Lalu Imam Al Ghozali bertanya..

Pertama,

"Apakah yang paling dekat dengan diri kita di dunia ini?".

Murid-muridnya menjawab : "orang tua, guru, kawan, dan sahabatnya". Imam Ghozali menjelaskan semua jawaban itu BENAR.

Tetapi sesungguhnya yang paling dekat dengan kita adalah KEMATIAN. Sebab itu adalah janji Allah SWT, bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati.

Firman Alllah SWT:

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلا مَتَاعُ الْغُرُورِ

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu.

Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam syurga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan

yang memperdayakan” (Q.S. Ali Imran 185)

Sesungguhnya kematian amatlah dekat. Hari ini telah berpulang ke Rahmatullah Guru Besar di Jurusan Elektronika Fakultas Teknik UNP Prof. Dr. Kasman Rukun, MPd. ka Prodi S3 PTK FT UNP. Beliau adalah pembicara ke dua di Opening Speech Webinar yang di selenggarakan Pasca Sarjana FT UNP Program Pendidikan Tekhnologi dan Kejuruan. Setelah Rektor UNP di beri kesempatan berbicara di sesi pertama. Biasanya setiap pembicara di beri waktu sekitar 15 menit dan kadang lebih karena meteri yang banyak. Tetapi tadi hanya sekita 10 menit beliau mengakhiri materinya dan menyerahkan ke moderator.

Webinar dimulai pukul 14.00 wib sampai pukul 17.00 wib. Berlangsung lancar tanpa tahu bahwa setelah beliau selesai berbicara keluarga membawanya ke Rumah Sakit dan Allah memanggilnya Kembali ke sisiNYA.

Diujung acara webinar baru moderator memberi kesempatan ketua ILUNI untuk memberikan kabar duka ini. Acara ditutup tanpa tanya jawab untuk pembicara terakhir. Selamat Jalan Pak Kasman Rukun.. Diakhir hidupmu telah sempat berbagi ilmu untuk bisa jadi amalmu. Innalillahi wa Inna ilaihi Roojiun. Semoga Husnul Khotimah. Aamiin..

Air Tawar, 16 Juli 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap tulisannya

17 Jul
Balas

Terima kasih

18 Jul



search

New Post