Zusal Risfahni

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

DAHSYATNYA 'ASTAGFIRULLAH'

Satu diantara kalimat dzikir ini mampu menghilangkan perasaan gelisah, pikiran susah dan penyakit hati manusia. Bahkan dapat menimbulkan inspirasi jika ucapan ini selalu bersenandung di hati seseorang. Kekuatan yang diberikan melalui ucapan astagfirullah dapat mendorong manusia, memiliki pikiran-pikiran positif.

Sering manusia tergoda dengan hal-hal yang dapat merusak ibadahnya, seperti melalaikan sholat, berkata kotor, dan berprilaku tercela lainnya. Seseorang yang senantiasa mengucapkan kalimat astagfirullah di dalam hatinya, dapat memberikan aura positf kepada seluruh anggota tubuhnya.

Banyak manusia jauh dari nilai-nilai agama dan etika karena lupa atau tidak terbiasa melafazkan kalimat astagfirullah ini. Sebagai contoh, seorang wanita karir yang berdandan sebelum pergi bekerja ke luar rumahnya, ingin kelihatan cantik dan modis. Padahal di rumah, dandanannya biasa-biasa saja. Mereka tanpa sadar sudah melanggar nilai-nilai agama. Hendaklah seorang wanita, saat keluar dari rumah untuk mencari nafkah keluarganya, memiliki nilai-nilai agama, untuk diamalkan dalam kesehariannya, yaitu menghindari "tabarruj". Nilai-nilai ini sering terlupakan oleh kebanyakan wanita sebagai istri dan muslimah.

"Tabarruj" adalah mempertontonkan hal-hal yang seharusnya orang-orang tertentu saja, boleh melihatnya, suami, anak-anak dan anggota keluarga lainnya yang ada hubungan darah dan keturunan dengannya. "Tabarruj" juga merupakan sesuatu hal, sekalipun tidak bermaksud untuk bersolek, memperlihatkan bagian perhiasan yang mengundang perhatian. Hal ini juga dilarang oleh agama.

Kalimat ampuh yang perlu dimiliki dan dilafazkan sebanyak-banyaknya oleh wanita, saat berdandan dan hendak keluar dari rumahnaya, adalah ucapan astagfirullah. Kalimat ini, jika sudah membudaya bagi wanita saat melakukan apa saja yang mendorongnya berprilaku tidak terpuji, mampu merobah pikiran-pikiran yang dapat menjerumuskannya, kepada kemaksiatan. "Nauzubillahiminzalik".

Banyak lagi keampuhan ucapan astagfirullah untuk meredam prilaku negatif seseorang. Jika lafaz astagfirullah ini selalu didendangkan di dalam hati, dapat meredam semua amarah.

Sebuah contoh, ada seseorang yang sedang kesal dan syak sangka kepada temannya. Penangkalnya, ucapkanlah astagfirullah di dalam hati sampai hilang kekesalan dan syak sangka tersebut, dengan sendirinya. Malah pikiran positif yang akan bermunculan. Pikiran positif dapat melahirkan berbagai inspirasi, agar mengerjakan sesuatu yang lebih bermanfaat dan bernilai ibadah, disisi Allah Subhanahu wata'ala.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasan yang keren

12 Mar
Balas

Trm ksh banyak ilmunya BuSalam Literasi

12 Mar
Balas

Sama-sama bu Ris dan bu Yunita. Semoga kita selalu berbagi yang bermanfaat melalui tulisan. Amin

13 Mar
Balas



search

New Post