ZUYYINAH

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya, itulah mottonya. Lahir di Kudus 9 Januari 1964. Sebagai anak pertama dari delapan bers...

Selengkapnya
Navigasi Web
KOLAK KETELA TANPA KUAH KHAS KUDUS (Hari ke-802)

KOLAK KETELA TANPA KUAH KHAS KUDUS (Hari ke-802)

Di bulan Ramadhan, bagi umat Islam wajib menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh. Yang termasuk perkara sunah ketika berpuasa di antaranya adalah segera berbuka puasa dengan kurma atau juadah manis.

Kudapan atau juadah asal kabupaten Kudus yang rasanya manis legit, sensasi gurihnya juga ada, sangat cocok untuk hidangan berbuka puasa. Namanya adalah kolak ketela tanpa kuah.

Mau tahu cara membuatnya? Nah, pertama kita siapkan bahan dasarnya yaitu ketela pohon dan gula Jawa atau gula merah, serta sedikit garam.. Ketela dikupas kulitnya sampai bersih, dan dicuci.

Siapkan panci untuk merebus atau bisa pakai panci presto. Masukkan setengah liter air, satu kilogram ketela yang sudah dipotong-potong sesuai selera, setengah kilogram gula merah atau gula Jawa dan garam secukupnya. Rebus sampai mendidih, dan tunggu sampai empuk, dan air gula tinggal sedikit.

Jika memakai panci presto, setelah tanda berbunyi, tunggu seperempat jam lagi, api baru dimatikan. Tutup jangan dibuka dulu, biarkan uapnya menghilang sendiri sekitar lima belas menit.

Kolak ketela tanpa kuah sudah siap dihidangkan dalam piring datar. Lebih nikmat bila ditemani satu cangkir bajigur hangat.

Wallaahu a’lam

Semoga barakah manfaat

Kudus, 12 Maret 2024 (Hari ke-802)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Nyiam nyiam nyiam rasanya terasa ke dalam.

12 Mar
Balas

Hehe.... Alhamdulillah, Barakallah. Sehat dan sukses selalu Pak Rasyid.

13 Mar

Nikmatnyaaaa....... Bisa dicoba ni hehe.... Keren, Bun

13 Mar
Balas

Alhamdulillaah, silakan dicoba Bu Ernasari, hehe... Sehat dan sukses selalu.

13 Mar

Mantul....barokalloh...

13 Mar
Balas

Alhamdulillah Bu Kur, Aamiin.

13 Mar

Alhamdulillaah, segala puji hanya bagi Allah ta'ala.

12 Mar
Balas

Berkah barakah semuanya.

12 Mar

Wow. Bisa bagi2 ta'jil bun ... hehehe

12 Mar
Balas

Barakallah Pak Tri, Alhamdulillah.

12 Mar

Wah mengugah selera bun

13 Mar
Balas

Alhamdulillah, sehat dan sukses selalu ya Bu Sofiawati.

13 Mar

Itu campur gula aren ya BuYummy katanya tapi saya belum icip-icip

13 Mar
Balas

Bisa pakai gula aren Bu Andi, kalau di Kudus pakai gula tebu.

13 Mar

Sajian menarik, cocok buat buka puasa Bu

13 Mar
Balas

Alhamdulillah Pak Rochadi, enak tanpa bahan pengawet, hehe....

13 Mar

Teman suami d Kudus ada yang punya usaha gitu, Bu. Sayang belum sempat mencicipi. Mantap tentu.

12 Mar
Balas

Alhamdulillah, lain waktu bisa dicoba, rasanya manis legit. Sehat dan sukses selalu Bu Sakdiyah.

12 Mar

Teman suami d Kudus ada yang punya usaha gitu, Bu. Sayang belum sempat mencicipi. Mantap tentu.

12 Mar
Balas

heemmmm bikin ngiler bunda

12 Mar
Balas

Setelah adzan maghrib saja ya. Hehe....

12 Mar

Hmmm..mau coba pasti enak apalagi dimakan hangat. Barokallah Mbak.

12 Mar
Balas

Alhamdulillah Dik, sehat sekeluarga dan sukses selalu.

12 Mar

Mantap

12 Mar
Balas

Alhamdulillah, Barakallah.

12 Mar



search

New Post