ZUYYINAH

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya, itulah mottonya. Lahir di Kudus 9 Januari 1964. Sebagai anak pertama dari delapan bers...

Selengkapnya
Navigasi Web
WISATA BOROBUDUR MAGELANG (Hari ke-797)

WISATA BOROBUDUR MAGELANG (Hari ke-797)

Lokasi candi Borobudur terletak di Jl. Badrawati, desa Borobudur, kecamatan Borobudur, kabupaten Magelang, provinsi Jawa Tengah.

Candi Borobudur disebut sebagai wisata budaya dikarenakan menyimpan nilai sejarah. Megahnya artitektur candi borobudur, luas area, dan sejarahnya membuat candi ini masuk menjadi salah satu warisan budaya dunia.

Borobudur dibangun dengan gaya yang mencerminkan urutan kehidupan di alam dunia. Struktur bangunan ini berbentuk kotak dengan empat pintu masuk dan titik pusat berbentuk lingkaran. UNESCO menetapkan Candi Borobudur sebagai Situs Warisan Dunia di tahun 1991.

Wisata Candi Borobudur merupakan destinasi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara. Candi Borobudur dibangun pada masa Dinasti Sailendra yang menjadi salah satu ikon pariwisata Indonesia.

Untuk mengelilingi Candi Borobudur, pengunjung bisa naik jasa kereta wisata. Pengunjung juga bisa mengunjungi tempat-tempat menarik yang berada di lokasi candi. Seperti museum, perbukitan, dan pasar. Di dekat tempat wisata Candi Borobudur, pengunjung juga bisa melihat dua candi yaitu Candi Mendut dan Candi Pawon.

Wisata Candi Borobudur bisa ditempuh dari pusat kota Magelang sejauh 17 km dan Yogyakarta sekitar 40 km.

Destinasi wisata menarik di sekitar Candi Borobudur, di antaranya Bangunan Museum Borobudur yang dibangun dengan gaya arsitektur tradisional Jawa, yaitu berupa rumah joglo lengkap dengan pendopo. Untuk masuk ke Museum Borobudur tidak dipungut biaya karena sudah masuk dalam harga tiket masuk Taman Wisata Candi Borobudur.

Di kawasan wisata Candi Borobudur, pengunjung bisa berwisata belanja di Pasar Borobudur. Pasar ini merupakan pasar tradisional yang menjual beragam kebutuhan pokok. Pasar Borobudur juga menjual beragam jajanan khas Borobudur dan Magelang, serta oleh-oleh souvenir khas Borobudur.

Pasar Borobudur berada di Jl. Pramudya Wardhani di sebelah Timur dan Jl. Syailendra Raya di sebelah utara. Kolasinya yang berada dekat dengan Terminal Borobudur, menjadikan pasar Borobudur sebagai destinasi menarik para pengunjung khususnya yang berkendara menggunakan angkutan umum.

Berwisata menjelajah dunia untuk mengagungkan kebesaran Allah ta’ala ada dalam Al-Qur’an surah Al-Mulk ayat 15:

هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ ذَلُوْلًا فَامْشُوْا فِيْ مَنَاكِبِهَا وَكُلُوْا مِنْ رِّزْقِهٖۗ وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

“Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.” (QS. Al-Mulk: 15).

Wallaahu a’lam

Semoga barakah manfaat

Kudus, 7 Maret 2024 (Hari ke-797)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren menewen ulasannya Mbakyu. Jadi ingat saat Ramadhan 1997. Waktu itu ikut kegiatan I'tiqaf Ramadhan di Pesantren Budi Mulia. Karena harus berlebaran di Jogja, jadi masih menyempatkan diri bermain disini, apalagi sampai foto2 di puncak candi.. Sekarang nggak bisa lagi.. Sukses selalu

07 Mar
Balas

Terakhir saat OSN 2006 di Semarang, juga ada kegiatan kunjungan ke Borobudur..

07 Mar

Alhamdulillah, kalau ada kunjungan lagi yang dekat kota Kudus, silakan mampir di rumah kami ya, sukses selalu Dik. Allahumma bariklanaa fii Ramadhaana.

07 Mar

Alhamdulillaah, segala puji hanya bagi Allah ta'ala.

07 Mar
Balas

Sehat semuanya

07 Mar

Luar biasa bunda. Kazanah budaya bangsa

07 Mar
Balas

Alhamdulillah Pak Tri, sehat selalu.

07 Mar

Istimewa ulasannya bunda, ingin kembali ke Borobudur yang telah lama tak berkunjung, salam sukses bunda

07 Mar
Balas

Alhamdulillah Pak Tito, Barakallah, Aamiin Yaa Allah,

08 Mar

Mantap

08 Mar
Balas

Alhamdulillah Pak Sandi, Barakallah.

10 Mar



search

New Post